Menurut Muhammad Rasyid Dimas Pakar Parenting ad 20 kesalahan dlm mendidik anak yg perlu perlu qt ketahui bunda yakni :
1. Menuntut anak utk melakukan suatu perinytah tnp menjelaskan sebabx, ex: Abdullah meminta ayahx utk mengizinkanx memakai ? untuk berjalan2 di hr kamis sore, akan ttpi, ayahx scra refleks brkata,"tnpa menyertakan sebab penolakan ats permintaanx itu. Hal ini membuat Abdullah membenci sft diktator sang ayah & ini pun brimplikasi pd prilaku buruk yg ia tujukn pd ibux serta penolakanx swaktu diminta mmbantu sang ayah utk membersihkan taman rumahx.
2. Kaku dlm menetapkan aturan bgi anak,ex: aturan kaku yg dpt mmbahayakn anak,baik anak yg mndptkn kasih syng berlebih maupun yg kurang mndptkn kasih syng. Anak yg meras dimanja &slalu; mndptkan apapun yg diinginkanx,ia hny akan mnjd anak yg tdk peduli pd keadaan sekitarx. Tdk trpikir olehx agr dirix mngubah prilakux trsbt/ mmperbaiki kesalahan krn mndpt ksh syng yg berlebih, yg tdk didpti oleh bnyk anak lainx. Adapun anak yg merasa trbuang serta mndptkn aturan ketat & otoriter dr kedua org tuax, ia hnya akan merasa putus asa disaat orng tuax tdk mmedulikn semua usaha trbaik yg tlh ditujukkanx. Hal ini akhirx mmbuatx sngaja utk mlkukan kesalahan krn ia merasa tdk prnah dihargai/dimotivasi kala ia mlkukan sesuatu yg baik. Ia slalu brada dibwh tekanan. Perasaan inilah yg kmdn lamban laut akan merusak masa dpnx.
3. Kelengahan orng tua dlm menetapkn disiplin pd anak.
4. Tdk menyikapi keslahan anak dgn penuh kesadaran.
5. Tdk berusaha mmahami motivasi yg mmbuat anak mlakukan kesalahan. Mksdx ketidakmengertian org tua ttg faktor anak mlakukan kesalhan yg mmbuat org tua merespon kesalahan trsebut dgn cara yg tdk layak.
6. Orng tua tlalu patuh pd ancaman anak.
7. Trlalu mengobral janji dgn slalu mngatakan, "Bila kamu melakukan ini, kami akan menghadiahkanmu ini."
8. Hukuman keras dibrikan justru ktika anak mlakukan suatu kebaikan.
9. Tdk mnjatuhkan hukuman pd anak ketika melakukan kesalahan.
10. Tdk mengarahkan anak pd perilaku positif.
11. Membandingkan anak dgn org lain.
12. Kontradiktif dlm menerapkn suatu nilai kpd anak, ex: ap yg diucapkn tdk sesuai dg ap yg diperbuat oleh org tua, dia menyuruh anak utk tdk brbohong smntara ia melakukanx.
13. Tdk mmberikan ksh syng yg ckp kpd anak.
14. Tdk mmedulikan bts-bts hukuman fifik yg brtujuan mndidik anak.
15. Tdk mmedulikan karakter masing2 anak, ex: ad anak yg hnya dgn sindiran sinis, ia akan berhenti mlakukan perbuatan salahx, ad jg yg tdk akan brhenti mlkukan prbuatan buruk hingga akhirx ia mndpt hukuman yg keras. Ad jg anak yg trsentuh walau dgn pujian sederhana, ttp ad pula anak yg merasa tdk dihargai usahax walau ia tlah diberi byk hal. Krnx org tua cerdik mampu menerapkan konsep ganjaran & hukuman selaras dgn kepribadian yg ad pd anak.
16. Tdk brtahap dlm berinteraksi ke anak, ex: mngarahkan anak utk bs brprilaku baik selaras dgn fase prtumbuhanx. Smua dimulai dgn pujian hingga tdk mengindahkan semua kesalahan yg sngaja dilakukan anak. Stelah itu, brulah sindiran & kmudian terang2an ats kesalhan yg dilakukan anak. Stelah dianggap blm efisien, belnjut pd fase slnjutx yg lbh tinggi
17. Menghina, meremehkan & membeda2kan dlm berinteraksi dgn anak.
18. Tdk adx kesepakatan antara ayah & ibu dlm menetapkan metode pendidikan bgi anak.
19. Tdk melibatkan anak dlm menetapkn perilaku yg boleh & tdk bleh dilakukan.
20. Mengikuti pola negatif dlm berintaraksi dgn anak, ex: sikap diktator, sikap overproteksi, sikap permisif, memanjakan & sikap inkonsisten