Tidak selamanya bayi berlaku manis. Kadang dia rewel, menangis tanpa jelas penyebabnya dan membuat ibu habis akal. Banyak cara menghentikan tangis bayi. Jangan cepat menyerah, Bu! Silahkan pilih tips ini untuk dicoba.
1. Cek popok. Meski baru saja Anda ganti popoknya, tidak ada salahnya Anda periksa kembali, apalagi bila bayi menggunakan popok kain. Karena itu, untuk memberikan rasa nyaman padanya saat tidur, ada baiknya Anda pakaikan pospak alias popok sekali pakai.
2. Masih lapar? Jangan-jangan dia belum kenyang. Cobalah susui, meski baru satu jam yang lalu Anda menyusuinya. Sesekali, cobalah menyusuinya dengan cara melepas bajunya atau hanya memakai pospak. Lalu, letakkan bayi dalam posisi meringkuk –seperti dalam rahim– dengan perutnya menempel pada perut Anda. Kekuatan sentuhan, hembusan napas dan detak jantung Anda akan membuat bayi merasa aman dan nyaman.
3. Periksa tubuh. Gatal digigit nyamuk atau tidak nyaman dengan bajunya bisa membuat bayi rewel. Coba periksa sekujur tubuhnya. Jika ada bentol bekas digigit nyamuk, oleskan minyak kayu putih, minyak telon, atau bedak/lotion yang mengandung kalamin atau mentol. Jika perlu, ganti bajunya dengan baju yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan ukurannya pas.
4. Perhatikan suhu kamar. Coba periksa suhu kamarnya. Jangan-jangan ia kepanasan atau justru kedinginan. Bila menggunakan air conditioner (AC), suhu yang pas adalah 25-26 ºC. Pastikan kamar bayi tidak terlalu banyak perabotan dan sirkulasi udaranya baik.
5. Gendong. Menurut penelitian, gerakan saat bayi digendong memberikan efek buaian yang menenangkan. Di dalam gendongan, posisi bayi sangat rapat dengan dada Anda sehingga ia dapat mendengar detak jantung bunda yang sudah akrab dikenalnya selama dalam kandungan. Selain itu, dari dalam gendongan, ia menjadi lebih mudah melakukan kontak mata dengan Anda. Sebagai variasi, gendong si kecil dalam posisi berdiri, seperti hendak menyendawakannya. Letakkan si kecil di bahu Anda dan biarkan kepalanya menyusup di leher Anda. Bisikkan kata-kata lembut menghibur agar dia cepat tenang. Usap perlahan punggungnya karena sentuhan seperti ini akan mengurangi rasa cemas dan memberikan perasaan nyaman pada bayi.
6. Senandung bunda. Jangan pernah merasa malu dengan kualitas suara Anda. Percayalah, lagu apa pun