informasitips.com – Menjelang persalinan merupakan detik-detik yang mendebarkan. Pasalnya, persalinan adalah sebuah misteri besar yang tidak dapat dipastikan. Sebagian ibu berhasil melewati masa sulit saat persalinan dan sebagian lagi harus berakhir dengan tindakan. Lalu, bagaimana cara menjalani masa persalinan agar berjalan lancar? Ikuti tips berikut ini.

Bangun Mentalitas

Pikiran negatif akan merangsang perilaku yang negatif pula. Sejak awal proses persalinan, ibu harus percaya diri dan yakin akan melahirkan dengan normal. Berpikir positif akan membuat ibu proaktif dalam setiap tindakan persalinan sehingga proses persalinan dapat berjalan lancar.
Tidur Miring Kiri

Tidur miring kiri akan melancarkan peredaran darah janin. Beberapa ahli berpendapat bahwa tidur miring kiri juga mempercepat proses persalinan. Tidur telentang akan menyebabkan pembuluh darah tertekan sehingga menghambat aliran darah. Akibatnya, denyut jantung janin menjadi tidak teratur yang berarti janin dalam bahaya.
Berjalan-Jalan

Apabila persalinan masih dalam masa laten (pembukaan 1-3 cm), maka ibu disarankan untuk berjalan-jalan. Posisi berdiri akan menambah tekanan ke bawah sehingga mempercepat penurunan kepala. Berjalan-jalan di sekitar tempat persalinan juga dapat mengurangi rasa bosan.
Konsumsi Makanan dan Minuman

Ibu memerlukan energi untuk menahan kontraksi dan mengejan nanti. Ibu disarankan mengonsumsi makanan dan minuman manis untuk memenuhi kebutuhan energi selama proses melahirkan. Rasa makanan saat akan melahirkan memang tidak enak dan seringkali ibu merasa mual. Namun, cobalah untuk makan agar kuat saat mengejan nanti.
Patuhi Teknik Distraksi Relaksasi

Salah satu hal yang mempersulit persalinan normal adalah mengejan sebelum waktunya. Apabila ibu mengejan sebelum pembukaan lengkap, maka dikhawatirkan akan terjadi pembengkakan mulut rahim. Akibatnya justru janin tidak bisa dilahirkan normal. Selain itu, tenaga ibu akan habis saat pembukaan lengkap yang mengharuskan ibu mengejan. Untuk menghindarinya, diperlukan teknik distraksi relaksasi saat kontraksi, yaitu mengambil nafas panjang dari hidung dan membuangnya lewat mulut. Dengan teknik ini, ibu tidak akan mengejan.
Tips Persalinan Normal berjalan Lancar

sumber gambar: sheknows.com
Patuhi Segala Instruksi Penolong Persalinan

Patuhilah segala instruksi penolong persalinan agar memudahkan proses yang berlangsung. Penolong akan mengajarkan posisi melahirkan, teknik mengejan, atau menginjeksikan beberapa obat. Perhatikan dan ikuti segala prosedur agar dapat mengejan dan memposisikan diri dengan benar saat pembukaan lengkap.
Usahakan Istirahat

Proses persalinan dari pembukaan pertama hingga lengkap memerlukan waktu yang cukup panjang, apalagi bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan. Usahakan untuk tidur meski sejenak untuk menghemat tenaga dan menyegarkan kembali tubuh Anda. Rasa kantuk saat pembukaan lengkap dapat menghambat persalinan karena membuat ibu tidak kuat mengejan.
Mengejan dengan Benar

Meskipun kelihatannya sepele, namun sebagian besar ibu mengejan dengan cara yang salah. Akibatnya, tenaga habis tapi bayi tidak keluar. Teknik mengejan yang benar adalah tidak bersuara, kekuatan terpusat pada perut, dan sekali tapi lama. Mengejan harus dilakukan saat ada kontraksi dan tidak terputus-putus. Latihlah pernafasan Anda sejak dini agar dapat mengejan dengan benar saat persalinan.
Duduk Jongkok

Apabila penurunan kepala janin dirasa lama, maka ibu disarankan duduk jongkok seperti saat BAB. Posisi seperti ini meningkatkan tekanan pada bagian bawah perut sehingga kepala janin terdorong ke luar. Berdasarkan beberapa penelitian, cara ini terbukti ampuh untuk memacu persalinan.
Dilarang Menahan Kencing dan BAB

Ibu tidak boleh menahan kencing atau buang air besar. Kandung kemih yang penuh akan menghilangkan kontraksi rahim dan menghambat penurunan kepala. Menahan kencing juga dapat meningkatkan rasa nyeri pada perut. Apabila ibu sudah tidak mampu ke kamar mandi, gunakan pispot untuk BAK di tempat tidur.

Buang air besar harus dilakukan ketika memasuki proses persalinan. Feses yang tertumpuk akan menyebabkan jalan lahir menjadi sempit sehingga janin sulit keluar. Selain itu, menahan BAB juga akan menimbulkan rasa sakit.

Sepuluh tips diatas dapat Anda terapkan saat menghadapi proses persalinan. Tidak perlu khawatir atau merasa cemas dengan hambatan yang mungkin terjadi. Percayakan semua pada bidan atau dokter yang menolong Anda. Jangan lupa untuk berdoa di setiap kesempatan agar persalinan berjalan dengan lancar.