Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. paling tidak sebulan sebelum ulangan masa yang ideal untuk mengulang pellajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya belajar kita efekti.
1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal. fungsi utama mengapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar. Supaya kita paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu di terangkan oleh guru.
3.Mencatat Pokok Pelajaran. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisarinya saja dari setiap pelajaran yang sudah di ulang.
4. Hapalkan kata2 kunci. buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah di ingat pada saat otak itu memanggilnya.
5. Pilih waktu yang tepat. waktu yang paling enak untuk belajar adalah pada saat badan kita masih segar. Gunakan saat ini untuk mengelola materi baru. Sisa energi bias di gunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan PR.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman. Banyak hal yang bias di gunakan seperti memilih lagu yang sesuai dengan mood kita, tempat bisa di sesuaikan, jika bosan di kamar bisa di teras. Kuncinya, jangan sampai aktivitas belajar kita menganggu san terganggu oleh pihak lain.
7.Bentuk kelompok belajar. Kalau lagi bosan sendiri, bisa belajar bareng teman.
8.Latih sendiri kemampuan kita. Pada saat akhir bab pelajaran, coba jawab semua pertanyaan dan periksa sejauh mana kemampuan kita.
9. kembangkan materi yang sudah di pelajari.
10. Sediakan waktu untuk istirahat. Boleh belajar kencang tapi jangan lupa untuk istirahat. Agar badan menjadi segar.

Artikel KCD Ibu Jeanny Husodo