Mengenali Anak Autis
Posted on February 23, 2011 by indahnyabersabar

Kata autisme saat ini sering kali diperbincangkan, dan angka kejadian anak autisme masih terus meningkat di seluruh dunia. Saat ini sering timbul kekhawatiran para orang tua jika anak kita terlambat bicara atau bertingkah laku tidak lazim, apakah anak menderita autisme? Marilah mengenal lebih dalam tentang Autisme pada anak.

Sering timbul kekhawatiran jika anak kita terlambat bicara atau bertingkah laku tidak lazim, apakah anak menderita autisme. Kata autisme saat ini sering kali diperbincangkan, angka kejadian di seluruh dunia terus meningkat. Banyak penyandang autisme terutama yang ringan masih tidak terdeteksi dan bahkan sering mendapatkan diagnosa yang salah, atau bahkan terjadi overdiagnosis. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan anak.Apakah autisme itu?
Kelainan perkembangan yang luas dan berat, dan mempengaruhi anak secara mendalam. Gangguan tersebut mencakup bidang interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku.

Kapan deteksi dini autisme pada anak?
Gejala autisme mulai tampak pada anak sebelum mencapai usia 3 tahun, secara umum gejala paling jelas terlihat antara umur 2-5 tahun. Pada beberapa kasus aneh gejala terlihat pada masa sekolah. Berdasarkan penelitian lebih banyak didapatkan pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. Beberapa tes untuk mendeteksi dini kecurigaan autisme hanya dapat dilakukan pada bayi berumur 18 bulan ke atas.