semoga bermanfaat ya bun....

Boleh gak sih ibu menyusui minum kopi ?

http://www.kellymom.com/health/lifestyle/caffeine.html

By Kelly Bonyata, IBCLC

Dirangkum bebas oleh Luluk Lely Soraya I, Juli 2007
Umumnya ibu menyusui boleh saja minum minuman kafein dalam jumlah wajar. Meski demikian kafein yang ibu minum akan mempengaruhi beberapa bayi (umumnya yang berusia <6 bl). Bayi yang ibunya tidak minum kafein sama sekali selama masa hamil akan lebih sensitif terhadap kafein. Meskipun demikian, seiring dengan berjalannya waktu tingkat sensitivitas bayi terhadap kafein akan menurun. Jika bayi anda sensitif terhadap kafein akibat dari minuman yg anda konsumsi, maka anda dapat mencobanya lagi saat ia lebih besar.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyetujui konsumsi kafein pada ibu menyusui. Menurut Hale 2002 p. 100-102, kafein digolongkan dalam kategori L2 (aman) dalam Lactation Risk. Kadar kafein dalam ASI relatif rendah ( 0.06-1.5% of maternal dose) dan umumnya kadar kafein meningkat 1 jam setelah ibu mengkonsumsi minuman berkafein. Satu studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara berlebihan akan mengurangi kadar besi dalam ASI (Nehlig & Debry, 1994).

Jika bayi anda sensitif terhadap kafein, seiring dengan bertambahnya usia sensitivitas tsb akan berkurang. Bayi baru lahir relatif sulit mencerna kafein daripada bayi yang berusia lebih besar. Demikian juga bayi prematur atau yang sakit relatif bermasalah dengan konsumsi ASI dari kafein yang diminum oleh ibu.