Bagi seorang ibu hamil pemenuhan nutrisi adalah hal yang utama, karena makanan ibu hamil yang dikonsumsi akan membawa pengaruh bagi perkembangan bayi di dalam rahim. Tetapi seringkali jenis makanan harian masih kurang memenuhi tingkat kebutuhan ibu hamil, sehingga vitamin dalam bentuk suplemen selalu disarankan untuk dikonsumsi. Vitamin E merupakan salah satu suplemen yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Beberapa data menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup akan berpengaruh positif bagi pertumbuhan janin.

Terbukti dengan mengkonsumsi vitamin E membuat peningkatan berat badan bayi mulai usia 28 minggu, yang secara otomatis menghindarkan bayi lahir dengan berat badan kurang. ini mungkin terjadi karena manfaat vitamin E membantu proses penyerapan lemak oleh tubuh. Vitamin B memiliki beragam jenis, masing-masing manfaat vitamin tadi sangat diperlukan ibu hamil.Vitamin yang sering diberikan oleh dokter merupakan vitamin B komplek yang merupakan kumpulan Janis-jenis vitamin B tadi. Vitamin B 1, B2 dab B3 bermanfaat mendorong pertumbuhan berat badan yang optimal bagi janin.

Karena manfaat vitamin B1 adalah mengubah karbohidrat menjadi energi, sementara manfaat vitamin B2 adalah membantu proses penyerapan protein oleh tubuh. Sementara vitamin B3 membantu pembentukan dan perkembangan sistem syaraf tulang belakang pada janin. Sementara manfaat vitamin B6 adalah sebagai pembentuk anti body dan pembentuk sel darah merah. Ibu hamil terkadang mengalami anemia atau pengurangan sel darah merah, maka tubuh terasa lemas, sehingga vitamin ini memberi solusi bagi masalah tersebut.

Manfaat vitamin ini juga mampu mengurangi rasa mual pada usia awal kehamilan, sehingga meringankan beban sebagian wanita yang mengidam di awal-awal masa kehamilan. Selanjutnya vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah serta mendorong perkembangan otak dan syaraf janin. Vitamin D juga diperlukan oleh ibu hamil. Manfaat vitamin ini adalah menjaga kepadatan tulang dan gigi bagi ibu hamil dan pada bayi. Vitamin D membantu dalam proses penyerapan kalsium pada makanan ibu hamil, serta memaksimalkan fungsi kalsium bagi tubuh.

Sumber: kehamilan.org