Ketika due date semakin mendekat, Bunda pasti merasa perlu mempersiapkan semua keperluan si kecil setelah ia lahir. Tapi, dengan berbagai kebutuhan seperti baju bayi, tempat tidur bayi, popok, perlengkapan menyusui, dll, kebutuhan membeli produk bayi memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa membantu Bunda menghemat pengeluaran untuk produk bayi, di antaranya:

1. Jangan segan menerima pinjaman produk bayi bekas dari keluarga atau sahabat

Tempat tidur bayi adalah salah satu produk bayi yang cukup mahal tapi umumnya tidak akan digunakan dalam waktu lama. Beberapa produk lainnya adalah high chair (kursi makan bayi), gendongan bayi, baju bayi, dll. Tapi, jangan lupa untuk memeriksa produk tersebut dengan teliti, agar Bunda yakin bahwa produk masih berfungsi dengan baik dan tidak ada bagian yang rusak dan membahayakan keselamatan bayi.

2. Tunggu sampai bayi lahir

Hindari godaan untuk membeli produk seperti baju bayi dalam jumlah terlalu banyak sebelum si kecil lahir. Karena bisa jadi ukuran yang Bunda beli terlalu kecil untuknya sehingga akhirnya malah tidak terpakai.

3. Memberikan ASI Eksklusif

ASI tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan bagi bayi, tapi juga membantu Bunda berhemat. Maklum saja, harga susu formula bayi memang tidak murah. Selain itu, menyusui juga mengurangi keperluan lainnya seperti botol susu.

4. Gunakan cloth diaper

Saat ini Bunda bisa mendapatkan berbagai jenis cloth diaper dengan mudah. Jenis popok ini berfungsi seperti popok sekali pakai yang tidak mudah bocor. Bedanya adalah cloth diaper (clodi) bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Kebanyakan clodi juga memiliki ukuran yang bisa disesuaikan, jadi bisa dipakai sampai bayi berat 13 kg.

5. Cermat memilih produk bayi

Bunda tidak harus membeli produk bayi yang bermerk dan mahal. Tapi, Bunda harus memperhatikan keamanan dan kualitas produk sehingga keselamatan bayi terjamin dan produk bayi tersebut tahan lama. Untuk memilih produk bayi yang terbaik, Bunda bisa melihat review produk bayi di internet

6. Membuat makanan bayi sendiri

Setelah berumur 6 bulan, bayi Bunda akan mulai mengonsumsi MPASI (makanan pendamping ASI). Bunda bisa membuat MPASI sendiri di rumah dengan mudah. Pilihan ini tidak hanya menghemat pengeluaran untuk makanan bayi, tapi juga lebih sehat untuk bayi.

7. Tak perlu membeli sepatu bayi

Bayi Bunda belum memerlukan sepatu bayi sampai saat ketika dia mulai belajar berjalan. Untuk sementara, kaos kaki bayi sudah cukup untuk menghangatkan kakinya

8. Simpan produk bayi tak terpakai dengan baik

Produk bayi yang sudah tidak terpakai bisa Bunda simpan untuk digunakan bila Bunda memiliki anak lagi atau bila keluarga atau teman Bunda memiliki anak.

Godaan untuk membeli berbagai produk bayi pasti ada. Tapi ingat: produk bayi biasanya tidak akan dipakai dalam waktu lama. Lagipula, uang yang berhasil dihemat dengan cermat memilih produk bayi tentu akan lebih berguna untuk hal lain, misalnya ditabung untuk pendidikan anak. Tentu lebih bermanfaat, bukan?