Pertumbuhan Gigi

Sebagai bagian dari proses pematangan tulang dan rangka tubuh, pada rentang usia 7-9 bulan, akan muncul gigi geligi. Gigi yang tumbuh pada masa bayi dan kanak-kanak disebut gigi susu atau gigi sementara.





Gigi susu berjumlah 20 buah (10 tumbuh di rahang atas, 10 tumbuh di rahang bawah) dan terdiri dari:

* 8 gigi seri
* 4 gigi taring
* 8 geraham belakang


Gigi pertama biasanya di bagian depan rahang bawah, ada 2 buah, dinamakan gigi seri pertama bawah. Gigi ini muncul pada usia 5-7 bulan dan akan tanggal pada usia 6-7 tahun, untuk kemudian diganti dengan gigi tetap.

Gigi berikutnya tumbuh di bagian depan rahang atas, juga ada 2 buah, dinamakan gigi seri pertama atas. Gigi ini muncul pada usia 6-8 bulan dan akan tanggal pada usia 7-8 tahun, kemudian diganti dengan gigi tetap.

Karena rasa sakit pada gusi yang tertembus gigi, saat gigi pertamanya tumbuh, ibu mungkin akan menjumpai hal-hal berikut:

* Si kecil lebih banyak mengeluarkan air liur, kadang sampai membasahi bajunya
* Si kecil cenderung ingin memasukkan jari-jari tangannya ke dalam mulut
* Si kecil senang menggigit-gigit dot susu atau benda yang dipegangnya
* Si kecil mejadi gelisah atau rewel, kadang napsu makannya menurun


Untuk memastikan tumbuhnya gigi pertama ini, ibu bisa memeriksa mulut si kecil:

* Gusi tempat gigi tumbuh tampak berwarna lebih merah
* Bila diraba dengan jari ibu, akan terasa ada daerah yang keras, berwarna putih, itulah gigi yang sedang tumbuh


Ibu bisa membantu meringankan ‘penderitaan’ si kecil ketika gigi pertamanya tumbuh. Berikan mainan yang terbuat dari karet, yang aman untuk digigit-gigit oleh si kecil. Mainan seperti ini bisa ibu dapatkan di toko perlengkapan bayi, ada yang berbentuk donat, es krim, dll, atau ibu bisa juga menggunakan waslap dingin karena rasa dingin ini bisa memberikan efek ‘mematikan’ rasa nyeri.

Merawat gigi si kecil

Setelah minum susu atau makan, bersihkan gusi dan gigi dengan kain kasa yang telah dibasahi air matang dan dililitkan pada jari tangan ibu