Ayah dan Ibu memiliki peran yang berbeda dalam mengembangkan kecerdasan putra-putrinya. Apa saja?

PERAN IBU

Menentukan dan menyediakan makanan bergizi.
Diawali dengan pemberian ASI eksklusif. Kemudian, ibu pulalah yang akan menentukan dan menyiapkan menu makanan bergizi untuk anak-anaknya.

Sebagai pendidik.
Kebiasaan ibu mendongen akan menumbuhkan kemampuan berbahasa pada anak. Ibu pun berperan dalam membantu anak membuat PR, mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah atau yang belum dikuasai anak. Ibu ibarat guru.

Mengajarkan tentang peran jenis kelamin perempuan.
Anak perempuan belajar dari ibu tentang bagaimana harus bertindak sebagai perempuan. Sebaliknya, anak lelaki belajar tentang kasih sayang dan kelembutan dari ibunya.


PERAN AYAH

Mengembangkan kepercayaan diri dan kompetensi.
Ayah cenderung mengajak anak melakukan aktivitas fisik yang lebih "kasar" baik di dalam maupun di luar ruang. Ayah pun tidak terlalu mengekang keleluasaan bergerak anak, sehingga anak dapat bermain dengan bebas dan aman, sehingga anak pun tidak takut untuk mencoba.

Memotivasi lebih berprestasi.
Peran ayah mendorong anak giat belajar sehingga prestasi akademiknya lebih tinggi.

Mengajarkan tentang peran jenis kelamin laki-laki.
Anak laki-laki akan belajar bagaimana menjadi seorang laki-laki, bertingkah laku, berpikir, bertanggung jawab dan melindungi keluarga dari sang ayah. Sementara anak perempuan akan belajar mengenai ketegasan, berpikir rasional, disiplin, mengontrol emosi, dan sebagainya.