Penyakit CacinganCACINGAN pada anak-anak sudah sangat umum dan diketahui oleh masyarakat kita. Kadang kala kondisi anak dengan perut bunci sering dikatakan menderita cacingan atau identik dengan cacingan. Namun, sayangnya kondisi ini kadang membuat sebagian orang tua langsung memberikan obat cacing tanpa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu.

Bahkan kita sering mendengar anjuran agar anak mengkonsumsi obat cacing setiap enam bulan sekali meskipun tidak sedang cacingan. Benarkah setiap anak dengan perut buncit cacingan? Lalu bagaimana mengenali gejala cacingan yang sebenarnya?

Infeksi cacing atau lebih dikenal dengan sebutan cacingan merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi parasit. Parasit adalah makhluk kecil yang menyerang tubuh inangnya dengan cara menempelkan diri baik di dalam atau di luar tubuh. Pada anak yang mengalami cacingan, sari-sari makanan atau nutrisi dari tubuh anak akan diambil oleh sangat parasit. Karena nutrisi diserap oleh cacing, maka hal tersebut mengganggu pertumbuhan dan daya tahan tubuh si kecil. Akibatnya, anak mudah terserang penyakit.