Bagi ibu hamil sangat penting untuk mengkonsumsi asam folat. Asam folat yang terkandung dalam makanan ini tentunya harus dikonsumsi setiap hari karena akan sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Itu sebabnya, ibu hamil yang mengalami kekurangan asam folat, pada umumnya juga mengalami anemia dengan segala konsekuensinya (terlihat pucat dan mudah letih, lesu dan lemas). Bahkan, juga beresiko mengalami persalinan prematur, plasenta lepas sebelum waktunya (solusio plasentae) dan keguguran.

Secara umum, kebutuhan wanita usia subur serta ibu hamil akan asam folat adalah sekitar 400-600 mikrogram (0,4-0,6 mg) per hari. Kecukupan ini bisa mencegah 50-70 persen resiko cacat tabung saraf janin (NTD). Artinya, bila memang ingin hamil, seorang wanita sebaiknya sudah harus mencukupi kebutuhan asam folatnya, minimal 4 bulan sebelum kehamilan.

Asam folat memiliki kandungan zat gizi seperti vitamin B. asam folat dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti, sayuran (brokoli, bayam dan asparagus), buah-buahan (semangka, jeruk, pisang, nanas, strawberry dan kiwi), serta pada daging (hati sapi dan ikan) dan juga susu.

Bila Anda menjalani pola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan begizi dan seimbang, maka seluruh zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Agar asam folat pada ibu hamil dapat terpenuhi, maka Anda bisa menambah porsi makan yang berasal dari sumber asam folat itu sendiri. Misalnya, tiga porsi sayur, tiga porsi buah dan dua gelas susu dalam sehari. Selain itu, tentu saja sumber protein (sekitar 200 gram setiap kali makan) serta karbohidrat.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara mengolah dan memasak makanan jenis asam folat. Bila dimasak terlalu lama, kandungan asam folat bisa berkurang atau malah hilang. Mengingat resiko tersebut, maka ibu hamil perlu mengkonsumsi suplemen asam folat secara teratur sesuai rekomendasi dokter, yaitu sekitar 0,4 hingga 1 mg per hari. Ibu hamil tidak perlu takut kelebihan asam folat karena akan dikeluarkan dari tubuh secara alamiah, namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter.

_melindacare_