Pada saat hamil pertama, tentunya sebagai seorang calon ibu akan sangat waspada mengenai kehamilannya. Karena ada beberapa mitos mengenai kehamilan dalam masyarakat. Ada yang bertanya mengenai mitos kehamilan kepada ibu, tetangga atau teman yang sudah pernah hamil. Salah satu mitos itu adalah mengenai pengaruh air kelapa bagi ibu hamil. Ada yang mengatakan jika minum air kelapa saat hamil akan membuat kulit bayinya menjadi putih dan rambutnya akan subur dan bagus.

Namanya juga mitos, boleh dipercaya ataupun tidak dipercaya. Karena belum ada penelitian yang meneliti pengaruh air kelapa bagi putih tidaknya kulit bayi. Menurut para ahli, air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan. Saat ini keadaan lingkungan yang semakin buruk, banyak polusi udara dimana-mana maka antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh. Apalagi untuk ibu yang sedang hamil maka antioksidan ini sangat diperlukan. Selain dari buah-buahan, antioksidan dapat diperoleh dari air kelapa. Jadi ketika bosan mengkonsumsi buah-buahan, maka ibu hamil dapat mengkonsumsi air kelapa.

Selain mengandung elektrolit dan antioksidan, pengaruh air kelapa bagi ibu hamil adalah membuat air ketubannya menjadi bersih dan jernih. Kedua zat itu dapat menyerap lendir dan kotoran dalam air ketuban. Jadi jika ada yang mengatakan minum air kelapa akan membuat kulit bayi putih, itu salah. Karena yang benar adalah air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih bukan kulit bayinya. Sedangkan untuk membuat rambut bayinya menjadi subur dan bagus, belum ada penelitiannya.

Dianjurkan kepada ibu hamil untuk meminum air kelapa hijau secara rutin sejak usia kehamilan mencapai 6 bulan sampai saatnya melahirkan. Air kelapa yang baik dikonsumi oleh ibu hamil adalah air kelapa hijau. Kelapa hijau berbeda dengan kelapa lainnya. Kelapa hijau memiliki ciri khas tertentu yaitu ketika dikupas, bagian atas kulit dalamnya berwarna merah muda. Mengapa air kelapa hijau? Karena air kelapa hijau dipercaya mengandung lebih banyak antioksidan dan elektrolit yang baik untuk tubuh. Terutama untuk ibu yang sedang hamil.

Sumber: kehamilan.org