Water birth atau melahirkan dalam air, merupakan sebuah terobosan baru dalam proses persalinan di dunia kedokteran saat ini. Sebuah tindakan persalinan yang dilakukan dokter spesialis kandungan pada pasien yang akan melahirkan dengan menggunakan media air yang disesuaikan dengan ukuran suhu tubuh yaitu sekitar tiga puluh tujuh derajat Celcius.

Manfaat melahirkan dalam air dibanding proses persalinan biasa adalah terletak pada kemampuan media air mengurangi rasa sakit pada ibu ketika proses melahirkan berlangsung. Beberapa pasien yang telah mencoba metode water birth ini merasa cukup nyaman, tubuh mengalami rileksasi, dan tidak merasa terlalu sakit .

Selain rasa nyaman yang dirasakan ibu, rasa nyaman tersebut juga dirasakan si jabang bayi. Bayi yang lahir melalui proses water birth tidak terlalu kaget dengan perubahan lingkungan yang dialaminya, mengurangi resiko bayi mengalami cidera kepala, dan bayi tidak mudah keracunan air ketuban.

Tetapi, untuk persalinan dengan metode water birth, Anda harus menyediakan anggaran yang cukup besar, berkisar sebelas juta rupiah hingga lebih, dibandingkan proses melahirkan biasa dengan menggunakan jasa bidan yang hanya mencapai angka satu juta rupiah atau jasa dokter spesialis yang berkisar tiga juta lima ratus ribu rupiah untuk persalinan normal, maka metode water birth terbilang cukup mahal. Selain itu, proses persalinan tersebut hanya berlaku untuk persalinan normal, persalinan untuk kehamilan yang memiliki permasalahan tertentu tetap menggunakan metode atau operasi caesar.

Untuk Anda yang berdomisili bukan di kota besar, metode water birth belum tentu dapat Anda temukan dengan mudah di rumah sakit maupun klinik persalinan terdekat. Hanya rumah sakit di wilayah tertentu di tanah air yang sudah menerapkan metode persalinan water birth tersebut. Beberapa lokasi tempat bersalin yang menggunakan metode persalinan water birth, yaitu Klinik Bersalin Anugerah di jalan Gunung Sanghyang, Denpasar-Bali, di Jakarta dapat ditemui di RS Bunda dan RS Carolus.

Sumber: kehamilan.org