Kulit bayi, terutama bayi yang baru lahir, memang rentan pada kondisi kulit kering dibandingkan orang dewasa. Akibatnya, bayi lebih mudah mengalami masalah seperti eczema atau kondisi kulit kering lainnya. Penggunaan pelembap seperti krim atau lotion bayi bisa membantu untuk mencegah dan mengatasi hal ini. Tapi, produk mana yang lebih cocok untuk bayi? Krim atau lotion?

Krim dan lotion bayi mungkin tampak tidak jauh berbeda. Pada dasarnya, fungsi kedua produk ini sama, yaitu melembapkan kulit dengan cara menjaga kadar air dalam kulit. Tapi, komposisi kedua produk yang berbeda membuat masing-masing produk lebih cocok dengan kondisi kulit yang berbeda.

Lotion bayi memiliki tekstur yang lebih encer dibandingkan krim dan biasanya dikemas dalam botol atau tube. Umumnya, lotion lebih ringan dan lebih cepat diserap kulit daripada krim, sehingga lebih cocok digunakan pada kulit normal atau agak kering. Sedangkan krim biasanya lebih kental daripada lotion bayi karena mengandung kadar minyak yang cukup besar. Produk ini lebih cocok pada kulit yang sangat kering atau teriritasi. Karena lebih kental, krim juga lebih tahan lama dan tahan air dan keringat dibandingkan lotion, tapi krim terasa lebih berminyak dan diserap lebih lama dibandingkan lotion.

Lalu, produk mana yang lebih cocok digunakan untuk bayi? Pada dasarnya baik lotion maupun krim bisa digunakan oleh bayi. Yang penting adalah menentukan saat yang tepat untuk menggunakan masing-masing produk. Bila kondisi kulit bayi sangat kering pada waktu yang lama, penggunaan kirim lebih cocok karena krim terserap lebih lambat, sehingga manfaat kelembapan bertahan pada kulit lebih lama. Kalau kulit bayi tidak terlalu kering dan Bunda hanya ingin menjaga kelembapannya, lotion adalah pilihan yang paling tepat.

Daya tahan produk yang berbeda juga bisa jadi pertimbangan saat memilih produk yang lebih sesuai. Misalnya, produk yang lebih cocok untuk masalah ruam popok adalah krim, karena ruam popok biasa terjadi di area popok seperti pantat yang sering terkena air pipis ataupun kotoran bayi. Dengan krim yang lebih tahan lama dan tahan air dibandingkan lotion, kulit bayi akan lebih terlindungi. Karena itu, kalau bayi Bunda mengalami masalah ruam popok, jangan gunakan lotion bayi biasa. Produk Zwitsal Baby Cream yang mengandung Zinc lebih cocok untuk kulitnya yang kering dan teriritasi.

Cermat memilih produk yang tepat dengan kondisi kulit bayi akan membantu Bunda mengatasi masalah kulit bayi dengan lebih baik. Jadi, bagaimanakah kondisi kulit bayi Bunda? Produk mana yang lebih tepat untuknya?