Kakak bisa bantu ibu di dapur, lho

Saat ibu menyiapkan menu makanan keluarga, ajaklah si kecil untuk ikut membantu sehingga aktivitas di dapur menjadi momen dan pengalaman belajar yang menyenangkan baginya.



Ibu dapat memberikan penjelasan mengenai menu makanan sehat, membiarkan si kecil ikut membantu menyiapkan penyajiannya atau memperlihatkan cara penyajiannya, sehingga si kecil tertarik untuk mengonsumsi menu makanan sehat. Sebaiknya libatkan anak sejak dari awal mulai dari memilih menu , proses masakmemasaknya hingga saat hidangan disiapkan.

Pergunakan juga kesempatan itu untuk mengenalkan jenis-jenis bumbu dapur, kegunaan dan rasanya, berbagai bahan makanan dan takarannya, berbagai bentuk dan warna bahan makanan. Pada kesempatan itu ibu pun dapat menjelaskan manfaat dan kandungan nutrisi dari makanan yang akan diolah bersama.


Hal yang harus diperhatikan saat kegiatan di dapur bersama si kecil adalah keselamatan si anak. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat si kecil berada di dapur :

* Anak diajak untuk mempersiapkan bahan makanan saja, hindari dari benda tajam (pisau) tanpa pengawasan, berikanlah pisau plastik atau gunting untuk sayuran.
* Mintalah anak untuk menjauhi kompor / api.
* Waspadalah saat Anda memegang benda panas.
* Ajarkan pada anak untuk tidak memegang bagian alat dapur yang panas atau memasukkan jarinya ke dalam masakan yang baru selesai dimasak.