MASALAH kesehatan yang dialami ketika seseorang memasuki usia dewasa, seperti obesitas, asma, alergi, dan penyakit jantung ternyata dapat dipengaruhi ketika masih berada di dalam rahim.

Benarkah demikian?

Menurut sebuah temuan baru dari British Nutrition Foundation (BNF) Task Force yang baru saja dirilis menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami obesitas, asma, alergi, penyakit, jantung, dan lain-lain kemungkinan disebabkan oleh perilaku buruk sang ibu ketika mengandung mereka.

Ketua Satgas BNF, Profesor Tom Sanders menjelaskan, pertumbuhan janin yang buruk dapat berhubungan dengan konsekuensi jangka panjang yang merugikan bagi kesehatan.

“Pertumbuhan janin yang buruk juga dapat mempengaruhi perkembangan ginjal, sehingga membuat anak lebih sensitif terhadap tekanan darah. Akibatnya, dapat meningkatkan efek kadar garam dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular,” ujar Tom Sanders, seperti dilansir Femalefirst.

Sementara itu, Profesor Graham Devereux dari University of Aberdeen mengatakan bahwa asma saat ini merupakan salah satu penyakit kronis yang paling banyak diderita orang di dunia.

“Kandungan nutrisi yang diperoleh dari diet yang dilakukan oleh ibu selama kehamilan, khususnya vitamin E, vitamin D, seng, selenium dan asam lemak tak jenuh ganda, dapat mempengaruhi perkembangan asma pada anak dan penyakit alergi. Saat ini, sejumlah teori mengusulkan dampak khusus dari nutrisi dan risikonya,” tandas Graham.

Selanjutnya, Satgas juga melaporkan bahwa peningkatan nafsu makan dari beberapa orang di masa dewasa mungkin sebagai akibat dari diet dan berat badan dari ibu mereka sendiri saat hamil. Hampir setengah dari semua wanita usia subur di Inggris mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dapat menjadi penyebab dari siklus biologis ibu yang mengalami obesitas mengarah ke masalah kesehatan anak-anak di kemudian hari.

Sementara itu, Science Programme Manager di BNF, Sara Stanner mengatakan, saat ini sudah ada bukti yang tegas untuk menunjukkan hubungan biologis antara obesitas wanita ketika hamil dan masalah kesehatan pada anak-anak.

“Ini adalah pesan penting dalam memerangi obesitas, wanita perlu mengetahui bahwa berat badan dan kesehatan selama kehamilan atau sebelum mereka hamil itu dapat memainkan peranan penting dalam jangka panjang untuk kesehatan anak-anak. Jadi setelah bayi di kandungan, kerangka biologis untuk kesehatan masa depan sudah diatur,” jelas Stanner.