INGIN rambut bayi tambah lebat, yang terjadi justru sebaliknya. Setelah rambut dipotong, pertumbuhan rambut bayi sering tidak rata. Akibatnya, ada beberapa bagian yang tidak ditumbuhi rambut. Itu yang membuat bayi berkesan botak.

Menurut dr Budiastutik Kusharjuni SpKK, kebotakan yang terjadi pada bayi tidak sama dengan orang dewasa. ''Rambut bayi tidak tumbuh rata karena pertumbuhan rambut dipengaruhi fase pertumbuhan, hormon, dan tekanan terhadap rambut,'' katanya.

Pada bayi baru lahir, semua folikel rambut memasuki periode istirahat dalam waktu sama. Namun, karena pengaruh hormon dan tekanan pada rambut, bisa terjadi proses kebotakan yang tidak merata.

Bila tekanan yang diterima satu lokasi lebih keras dan lama jika dibandingkan dengan lokasi lain, hal tersebut semakin memperlambat pertumbuhan rambut. ''Karena itu, pertumbuhan rambut di daerah kepala bagian belakang, samping kiri, dan kanan biasanya pelan dan sedikit,'' tambah spesialis kulit dan kelamin dari Siloam Hospitals Surabaya itu.

Sebab, daerah tersebut mendapat paling banyak tekanan. Itu berhubungan dengan posisi tidur bayi yang selalu telentang. Begitu juga pertumbuhan rambut di kepala samping kiri dan kanan.

Namun, pada beberapa bayi, pertumbuhan rambut bagian kiri dan kanan kepala juga minimal. ''Itu bisa terjadi karena posisi kepala bayi saat digendong sering miring kiri atau kanan. Bergantung orang yang menggendong,'' jelas Budiastutik.

Tapi, jangan khawatir. Pertumbuhan rambut tidak rata itu bisa diatasi. Pertama, sering mengubah posisi tidur bayi. ''Atau, berikan alas kepala yang agak lunak. Dengan begitu, tekanannya tidak terlalu keras terhadap kepala bayi,'' ujarnya.

Kedua, ibu harus rajin mengolesi daerah yang pertumbuhan rambutnya minim dengan minyak rambut. Langkah tersebut merupakan upaya untuk melemaskan daerah kepala yang terlampau lama kena tekanan. ''Ingat, memberikan minyak rambut ini sebaiknya berdasar posisi. Kalau posisi bayi sedang digendong dengan bagian samping kiri kepala yang menempel di lengan, yang diolesi hair oil atau hair lotion adalah kepala sebelah kiri,'' jelas Budiastutik. Begitu juga kepala bagian belakang.

Kalau rambut sudah mulai tumbuh panjang dan lebat tapi tidak rata, rambut bisa dipotong lagi. Dengan begitu, pertumbuhan antara daerah satu dan yang lain disamakan. ''Pemotongan rambut ulang bisa dilakukan dua hingga tiga kali. Tapi, tetap harus sering diolesi hair oil, sehari lebih dari sekali juga tak masalah,'' tuturnya. (ai/c7/nda)

sumber:jawapos