Pada prinsipnya, asuransi perjalanan menawarkan perlindungan luas atas biaya dan kerugian-kerugian tak terduga, yang mungkin terjadi selama perjalanan Anda. Maklum, ketika berlibur, Anda juga berisiko untuk mengalami berbagai kejadian tak mengenakkan, misalnya pembatalan penerbangan, pencurian, dan lain sebagainya.

Beberapa risiko yang ditanggung asuransi perjalanan adalah:

* Sakit. Asuransi perjalanan akan memberi penggantian biaya kesehatan saat Anda mengalami kejadian darurat medis. Cedera pun bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan.
* Penundaan atau Pembatalan. Jika karena beberapa alasan (di luar kendali Anda) perjalanan Anda jadi ditunda atau dibatalkan, asuransi perjalanan akan memberikan jaminan pengembalian uang. Ini juga mencakup jika maskapai penerbangan yang Anda pilih tiba-tiba bangkrut dan tidak dapat beroperasi. Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi uang yang hilang atau penyediaan sarana transportasi lain.
* Risiko Pencurian. Jika barang Anda lenyap karena dicuri saat bepergian, perusahaan asuransi perjalanan akan memberi bantuan keuangan untuk mengganti barang yang dicuri.
* Kerusakan/ Kehilangan Barang Pribadi. Jika tanpa sengaja bagasi Anda hilang, tak sengaja diambil penumpang lain, atau rusak selama di perjalanan, asuransi perjalanan akan menanggung paling tidak beberapa persen dari nilai barang, tergantung premi.
* Kehilangan Paspor. Jika kehilangan paspor atau dicuri saat Anda sedang berlibur, perusahaan asuransi perjalanan akan membantu mendapatkan paspor temporer. Perusahaan asuransi perjalanan akan memberikan informasi bagaimana berhubungan dengan kedutaan besar di negara tersebut sehingga memudahkan Anda mendapatkan paspor sementara