Si kecil perlu dibimbing untuk mengendikan diri sejak dini. Jika dilakukan pada usia yang lebih besar, akan lebih susah lho!


Anak suka ngamuk bila keinginannya tak dituruti, bertingkah laku tidak sopan didepan orang? Bagaimana cara mengajari anak mengendalikan dirinya dengan baik? Simak tips berikut ini.

Kenalkan secara rutin
Sering-seringlah memberitahu anak tentang bahaya benda-benda di sekelilingnya. Bila dia masih menangis menginginkan benda berbahaya tadi, alihkanlah perhatiannya dengan memberikan benda lain.
Tegas dan konsisten
Apa yang “boleh” dan yang “tidak boleh” harus tegas orang tua terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja harus juga disertai dengan penjelasan logis terhadap larangan tadi.
Komunikasi dan kompromi
Untuk hal-hal yang bisa dikompromikan, sebaiknya ajaklah anak secara aktif untuk berkompromi dan berdiskusi.
Tumbuhkan kesadaran
Seiring semakin besar usia anak, orang tua bisa mengajari betapa pentingnya pengendalian diri itu. Anak perlu diajari untuk memiliki kesadaran positif.
Tak segera penuhi keinginan anak
Saat anak menangis sambil marah-marah, ada baiknya orang tua terlebih dahulu bertanya kepada si kecil untuk mengutarakan perasaan dan keinginannya dengan tutur bahasa yang teratur sehingga orang paham keinginannya.
Latihan fisik untuk kesabaran.
Sambil bermain orang tua bisa mengajak anak untuk mealtih kesabarannya. Misalnya bermain meniti seutas tali di lantai dan bertahan agar kaki tidak meleset dari atas tali tersebut.