Share Like
Simpan

“Sayang, kamu kalau sudah besar mau jadi apa?” Sudahkah Ibu bertanya tentang hal itu kepada si Kecil? Wah, pasti  jawabannya kali ini bermacam-macam ya, Bu. Di usianya ke 5-6 tahun ini, si Kecil mungkin sudah bisa menjawab kalau ia ingin menjadi dokter, tentara, bahkan penyanyi.

Nah, dalam aktivitas hari ini, yuk perkenalkan si Kecil kepada jenis-jenis profesi yang lebih banyak lagi. Agar proses belajar ini jadi lebih mengasyikkan, Ibu bisa mengajak si Kecil menggambar bersama. Berikut adalah hal-hal yang perlu Ibu siapkan :


Alat-alat:

- Kertas berukuran A4 atau A3

- Alat menggambar (krayon atau pensil warna)

- Majalah atau koran


Cara bermain:

1. Ibu bisa memulai aktivitas ini dengan memperkenalkan si Kecil kepada berbagai jenis profesi yang ada di sekitarnya lewat gambar dari koran atau majalah. Jelaskan peranan dan pekerjaan mereka masing-masing dengan sederhana ya, agar si Kecil bisa mengerti dengan baik. 

2. Lalu tanyakan kepada si Kecil apa profesi yang ia suka. Baru setelah itu, minta ia menggambarkan profesi yang menarik perhatiannya tersebut di atas kertas. 

3. Sambil menggambar, Ibu bisa menanyakan alasan si Kecil memilih profesi tersebut. Biarkan ia bereksplorasi dengan kemampuan imajinasinya itu, ya. 

Gambar si Kecil sudah selesai, Bu? Nah, sekarang coba minta ia untuk berdiri dan memegang gambarnya tersebut sambil menceritakan tentang profesi yang sudah ia gambar serta alasan mengapa ia memilih hal tersebut.

Melalui aktivitas menggambar, si Kecil pun bisa belajar untuk mengenal berbagai macam profesi dengan cara yang seru dan menyenangkan. Tak hanya itu saja, ia juga bisa menyalurkan daya imajinasinya serta mengekspresikan perasaan yang dimilikinya

Nah, ketika sedang menggambar, coba Ibu perhatikan. Apakah ia mulai sering menolak bantuan Ibu dan lebih senang mengeksplorasi karyanya sendiri? Jika iya, jangan sedih dulu, Bu. Hal tersebut terjadi karena memang di usianya saat ini, ia cenderung lebih suka menentukan pilihannya sendiri. Ini karena si Kecil ingin dianggap mandiri dan lebih suka menggunakan caranya sendiri. Yuk, sambut perkembangan positifnya tersebut, karena ini bisa membuatnya jadi lebih percaya diri dan semakin siap menghadapi fase baru dalam hidupnya, yaitu fase masuk sekolah.

Dengan bertambahnya aktivitas belajar si Kecil, ia tentu membutuhkan asupan gizi yang cukup agar energinya tetap terjaga. Maka dari itu, di sela-sela menu makan hariannya, berikan juga ia buah-buahan, sayur-sayuran, sereal, serta daging rendah lemak yang dapat melengkapi kebutuhan si Kecil. Pola makan yang sehat dan juga seimbang akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasannya sehingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar, Bu. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama setelah ia masuk sekolah. 

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, terus berikan ia susu pertumbuhan ya. Bu. Susu Frisian Flag Karya hadir dengan nutrisi Kolin untuk membantunya mengoptimalkan pertumbuhan membran pada otak si Kecil. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E, Inulin, Fosfor, Selenium yang terdapat di dalamnya pun ikut mendukung pertumbuhannya saat ini..

Yuk, jaga terus asupan gizi si kecil agar tumbuh kembangnya semakin optimal!