Share Like
Simpan

Bu, dunia anak-anak merupakan dunia di mana semua hal “magis” terjadi. Otaknya yang sedang mengalami perkembangan pesat memicu pemunculan imajinasi tak terhingga setiap harinya. 

Namun, tahukah Ibu kalau ternyata bermain sulap dapat mengasah otak si Kecil? Sim salabim, abrakadabra! Melalui sulap, ia dapat melatih kecerdasan otaknya dengan menebak keberadaan sebuah objek secara permanen, Bu. Permainan ini juga bisa menjadi sebuah jembatan bagi kita untuk memasuki dunia imajinasi si Kecil.

Nah, salah satu permainan sulap yang pernah saya praktikkan waktu ia masih berusia 1-2 tahun dulu adalah tebak benda. Awalnya, permainan sulap ini saya temukan saat sedang mencari referensi permainan di dalam rumah yang menarik untuk si Kecil. Kebetulan, hari itu sedang hujan sehingga kami tidak bisa bermain di luar. Saat bermain, dia terlihat senang sekali lho, dengan pertunjukkan sulap yang saya tampilkan,

Mau tahu bagaimana cara bermainnya? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Pertama, siapkan sebuah mainan dengan ukuran yang bisa Ibu sembunyikan di tangan. Misalnya, mobil-mobilan atau mainan balok.
  2. Setelah itu, beri kesempatan pada si Kecil untuk melihat dan memegang-megang mainan tersebut dengan seksama. Pada tahap ini, biarkan ia mengenal dan mengeksplorasi objek yang jadi “pemeran utama” dalam permainan ini.
  3. Kemudian, arahkan si Kecil duduk berhadapan dengan Ibu dan ambil kembali mainan tersebut. Hal ini bertujuan agar ia dapat lebih mudah menyaksikan atraksi sulap yang akan ditampilkan.
  4. Jika sudah siap semua, permainan sulap bisa dimulai dengan menutup mainan tersebut dengan salah satu telapak tangan Ibu.
  5. Lalu, arahkan kedua tangan Ibu yang sedang menggenggam mainan tersebut ke balik punggung. Pastikan si Kecil menyaksikan semua proses ini ya, Bu. Dari situ, ia akan mengingat objek yang ia sentuh tadi. Ssttt, namun diam-diam pindahkan mainan tersebut ke tangan ibu yang satunya, ya.
  6. Selanjutnya, Ibu harus menyodorkan kedua tangan yang masih menutupi mainan tersebut sambil bertanya, “Mobilnya ada di mana, ya?”
  7. Dengan begitu si Kecil akan merespon dengan menebak keberadaan mainan tersembunyi tadi.
  8. Ketika ia menunjuk tangan yang salah dan mulai terlihat bingung, langsung tunjukkan tempat persembunyian mainan tadi sambil berkata, “Mainannya ada di sini, sayang!” Melihat ia tertarik untuk bermain lagi, rasanya menyenangkan ya, Bu?
  9. Ulangi langkah-langkah tadi dan gantilah benda yang akan disembunyikan agar ia tidak mudah bosan. Nah, agar ia tidak menebak tempat yang sma terus menerus, alihkan objek ke tangan lain saat berdada di belakang punggung.
  10. Saat bermain, Ibu juga dapat bergantian dengan si Kecil, lho. Meresponlah seakan-akan Ibu juga tidak tahu dimana keberadaan objek tersebut, meskipun tangan mungilnya mungkin tidak dapat menyembunyikannya.

Mudah ya, Bu? Tentunya, ritual bermain sulap dapat membantu mempererat hubungan antara Ibu dan si Kecil, sekaligus mengasah kemampuan otaknya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sebagai bonus tambahan, si Kecil akan merasa memiliki Ibu super yang jago sulap.

Selamat mempraktikkan trik sulap yang saya bagikan ini, Bu! Semoga si Kecil terhibur dibuatnya.