Saat bayi sudah sering melakukan GTM ini, kerap kali pemberian vitamin penambah nafsu makan jadi solusi yang praktis untuk dilakukan. Jika si Kecil sudah mulai GTM, wajar sekali kok Bu kalau merasa frustasi dan cemas secara bersamaan.

Banner AKP
Banner Register

Hal ini didasari karena bayi yang susah makan tentunya akan kekurangan asupan nutrisi. Padahal di fase ini, si buah hati sangat membutuhkan makanan bernutrisi untuk tumbuh kembangnya dan mungkin Ibu masih ragu apakah bayi umur 1 tahun boleh minum vitamin. Jawabannya bisa da

Jenis vitamin penambah nafsu makan 

Dalam memberikan vitamin penambah nafsu makan, Ibu perlu memerhatikan kandungan vitamin yang tepat. Dalam vitamin penambah nafsu makan, vitamin B adalah salah satu jenis vitamin yang bisa merangsang tubuh bayi untuk meningkatkan nafsu makannya. Berikut adalah vitamin untuk bayi 0 - 12 bulan:

  1. Thiamin (B1) 

    Vitamin penambah nafsu makan bayi 10 bulan yang pertama adalah thiamin atau vitamin B1. Menurut penelitian, Thiamin memang jenis vitamin yang sering dianjurkan untuk mengatasi nafsu makan semua umur. Selain membuat bayi lebih bernafsu untuk makan, vitamin ini juga berperan dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Kekurangan thiamin dapat menyebabkan cepat merasa lelah dan kurang bernafsu untuk makan. Thiamin sebagai vitamin penambah nafsu makan dapat ditemukan di beberapa sumber makanan di bawah ini:

    • Telur
    • Daging
    • Nasi
    • Kentang
    • Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 (roti, pasta, sereal)
    • Sayur dan buah (jeruk, kembang kol)
    • Kacang-kacangan (kedelai, lentil)
  2. Asam Folat (B9) 

    Selain thiamin yang merupakan vitamin B1, jenis vitamin penambah nafsu makan bayi lainnya yang perlu Ibu berikan kepada si buah hati adalah asam folat atau vitamin B9. Vitamin penambah nafsu makan ini berperan sekaligus dalam pembentukan DNA, RNA, dan sel-sel baru di dalam tubuh. 

    Artikel Sejenis

    Di samping itu, vitamin B9 sebagai vitamin penambah nafsu makan juga memiliki fungsi untuk mengaktifkan enzim tertentu yang akan memecah karbohidrat dan lemak untuk dijadikan energi. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya metabolisme tubuh. 

    Jika metabolisme tubuh bayi bekerja dengan baik, maka nafsu makan pun akan ikut meningkat. Sebaliknya, bila asupan asam folat sebagai vitamin penambah nafsu makan kurang mencukupi, maka si buah hati cenderung tidak tertarik untuk makan. 

    Maka dari itu, ketika bayi Ibu sedang GTM, solusinya bisa diberikan vitamin B9 sebagai vitamin penambah nafsu makan ya, Bu. Berikut adalah beberapa bahan makan yang mengandung vitamin B9:

    • Susu dan produk susu
    • Telur
    • Seafood
    • Daging unggas
    • Hati sapi
    • Sayuran hijau (brokoli, bayam, sawi hijau, selada, asparagus, asparagus)
    • Buah-buahan (alpukat, bit, jeruk, tomat, pepaya, pisang, melon jingga)
    • Kacang-kacangan (kedelai, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang polong)
    • Biji-bijian (gandum, jagung, sereal, pasta, tepung jagung)

Tips menambah nafsu makan bayi

Memberikan vitamin penambah nafsu makan mungkin jadi solusi yang praktis untuk Ibu lakukan dalam mengatasi bayi yang sedang GTM. Namun, Ibu juga bisa melakukan stimulasi secara alami dalam mengatasi bayi yang susah makan. Pemberian vitamin penambah nafsu makan dan stimulan alami ini dianggap memberikan dampak efektif dalam mengatasi gerakan tutup mulut. 

Berikut adalah tips menambah nafsu makan anak yang bisa Ibu coba di rumah:

  • Hias makanan agar terlihat menarik 

    Jangankan bayi, orang dewasa pun ingin menyantap makanan yang terlihat menarik kan, Bu? Bisa jadi bayi tidak mau makan karena tampilan makanannya membosankan, sehingga menurunkan nafsu makannya. Untuk itu Ibu perlu untuk membuatnya jadi lebih menarik dengan menghiasnya menggunakan warna-warna dan bentuk yang lucu sebagai salah satu stimulan alami yang bisa menarik perhatian anak terhadap makanan.

    Dengan komposisi warna yang menarik dapat meningkatkan rasa penasaran bayi, sehingga ia dapat mulai mencoba memasukan makanan ke dalam mulut secara perlahan. Dengan pemberian vitamin penambah nafsu makan yang tepat sebelumnya, rasa tertarik tersebut akan membuat anak jadi lapar dan ingin menghabiskan makanan dengan lebih bersemangat. Menghias makanan bisa jadi salah satu cara praktis yang bisa Ibu coba di rumah. Namun selalu pastikan semua kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi ya, Bu, berupa protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

  • Kreasikan menu makanannya

    Bayi mungkin saja bosan dengan menu makan yang itu-itu saja, Bu. Jadi sangat penting untuk membuat kreasi menu makanan setiap hari agar ia penasaran dan ingin mencobanya selain memberikan vitamin penambah nafsu makan dengan tepat. Hal ini dilakukan sebagai cara agar bayi mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan pada masa tumbuh kembangnya.

  • Bagi dalam porsi kecil

    Porsi makanan yang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab hilangnya nafsu makan pada bayi. Sebaiknya buat porsi makannya ke dalam porsi-porsi kecil yang disajikan beberapa kali. Cara ini juga dapat menghindarkan untuk membuang makanan jika tidak habis. 

  • Buat bayi menghirup aroma makanan

    Aroma makanan yang baru saja selesai dimasak memang sangat menggoda. Ibu bisa memanfaatkan hal ini untuk membangkitkan selera makan bayi, yaitu dengan membuat bayi menghirup aroma makanannya. Jangan lupa juga untuk tetap memberikan vitamin penambah nafsu makan sesuai anjuran, ya Bu. 

  • Jangan dipaksa

    Rasa khawatir karena takut nutrisi tidak tercukupi membuat banyak Ibu memaksa buah hatinya untuk makan. Padahal hal ini justru dapat membuat bayi menjadi trauma dan menganggap waktu makan adalah saat yang tidak menyenangkan. Akibatnya ia akan jadi semakin malas untuk makan. 

  • Latihan makan sendiri

    Di usia ini, bayi ingin selalu mencoba berbagai hal baru. Melatih ia untuk makan sendiri akan memberikan pengalaman baru yang berkesan baginya. Berikan ia sendok dan ajarkan ia untuk menyendok makanannya.

Makanan penambah nafsu makan

Selain menghadirkan stimulus yang menarik rasa ingin tahu anak terhadap makanan, Ibu juga bisa memberikan opsi alami lainnya sebagai alternatif vitamin penambah nafsu makan agar anak tidak lagi melakukan GTM. 

Salah satu caranya adalah dengan ibu bisa coba memberikan beberapa makanan penambah nafsu makan. Perlu dipahami Ibu untuk memberikan makanan penambah nafsu makan ini secara perlahan dan dicampur ke dalam makanan. Mungkin rasa yang dihasilkan bisa tidak sesuai keinginan anak, sehingga pemberian vitamin penambah nafsu makan tetap harus diberikan, ya Bu.

  1. Temulawak

    Salah satu alternatif vitamin penambah nafsu makan datang dari temulawak. Tanaman yang satu ini sih sudah dikenal ampuh dalam meningkatkan nafsu makan, Bu. Tak heran bila orang tua zaman dulu selalu mengandalkannya saat buah hatinya susah makan. Berikan temulawak dalam jumlah yang sedikit saja ya, Bu, karena dapat mengubah rasa dan aroma dari makanan. 

  2. Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu bahan masak yang mudah untuk ditemukan di rumah dan dikenal kaya manfaat, Bu. Makanan alternatif dari vitamin penambah nafsu makan ini memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai obat alami untuk meredakan demam, meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Tak hanya itu, kunyit juga dapat dicampurkan ke dalam menu MPASI bayi untuk menambah nafsu makannya.

  3. Kayu manis

    Kayu manis dapat menambah aroma dan cita rasa makanan jadi lebih menggoda karena didalamnya terkandung zat bernama hydroxychalcone yang cocok dijadikan sebagai alternatif pemberian vitamin penambah nafsu makan. Zat tersebut memang efektif dalam meningkatkan nafsu makan. Dengan memberikan kayu manis ke dalam menu MPASI bayi, maka aromanya jadi wangi dan rasanya juga jadi lebih enak. Kayu manis boleh diberikan kepada bayi berusia di atas 8 bulan ya, Bu.

  4. Daun mint

    Daun mint sebenarnya dapat menekan nafsu makan, tapi beberapa lama setelahnya bayi akan merasa lapar. Pemberian daun mint di dalam suatu masakan bisa jadi pilihan yang tepat sebagai alternatif vitamin penambah nafsu makan. Dapatkan manfaatnya dengan cara merendam daun mint ke dalam MPASI atau susu bayi. Tenang saja, Bu, memberikan sedikit mint tidak akan mengubah rasa dari makanan ataupun susunya. 

  5. Jahe

    Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga dapat memperkuat rasa makanan sehingga efektif untuk meningkatkan nafsu makan pada bayi. Dikarenakan rasanya yang cenderung pedas, maka sebaiknya jangan memberikan terlalu banyak dan bayi sudah berusia di atas 8 bulan. 

Semoga informasi mengenai vitamin penambah nafsu makan dan juga tips yang diberikan bisa membantu bayi untuk segera menyudahi gerakan tutup mulutnya ya, Bu. Selain pemberian vitamin penambah nafsu makan, Ibu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap pada bayi melalui ASI. 

Sebagaimana yang Ibu ketahui bahwa ASI merupakan asupan penting di masa pertumbuhan bayi. Agar nutrisi Ibu tercukupi dan bisa menghasilkan ASI berkualitas, Ibu bisa konsumsi rutin Frisian Flag PRIMAMUM yang diformulasikan khusus Ibu hamil dan Ibu menyusui sebagai tambahan nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan Ibu dan buah hati.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga mengandung asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. 

Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumbe serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Diperkaya juga dengan kalsium dan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual, serta praktis karena dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Untuk Ibu menyusui disarankan untuk minum 2 gelas per hari.

Untuk mengetahui HPL, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Akademi Keluarga Prima dapat menemani keluarga prima berkembang dari masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil. Yuk, cobain kalkulator kehamilannya di sini, Bu.