Share Like
Simpan

Wah! Tidak terasa Lebaran hampir tiba ya, Bu. Ada rencana mudik ke mana tahun ini? Sebagai Ibu, tentu kita selalu memikirkan keamanan dan kenyamanan si Kecil saat bepergian jarak jauh bukan? Salah satunya saat mengajak ia mudik naik transportasi umum seperti kereta api. Apalagi jika ini adalah pertama kalinya si Kecil bepergian jarak jauh naik kereta.

Serupa dengan pengalaman saya waktu si Kecil masih berusia 5 tahun dulu. Kala itu, saya berencana mengajak si Kecil mudik ke Semarang naik kereta. Awalnya saya sempat berpikir untuk naik mobil pribadi saja. Namun, saya tetap memutuskan untuk naik kereta, karena ini juga merupakan pengalaman baru untuknya.

Ketika sampai di stasiun, si Kecil terlihat bersemangat sekali, lho. Pasalnya, ia begitu penasaran seperti apa rasanya naik kereta setiap kali nonton TV. Senang rasanya bisa menuruti rasa penasarannya tersebut. Saat kereta tujuan Semarang tiba, saya bergegas masuk dan mengajaknya duduk dengan manis. Untungnya, si Kecil tidak rewel dan tampak sangat menikmati perjalanan perdananya ini. 

Jika Ibu ada rencana untuk mengajak si Kecil bepergian naik kereta untuk pertama kali. Sebaiknya baca dulu beberapa tips berikut ini:

  • Datang ke stasiun lebih awal.

Tips yang satu ini akan sangat berguna saat Ibu mengajak si Kecil naik kereta dalam kota, misalnya kereta JABODETABEK. Jika datang ke stasiun lebih awal, maka Ibu juga bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman. Sebaliknya, jika datang saat antrian sudah penuh, maka Ibu dan si Kecil mau tidak mau harus berdiri. Posisi yang tidak nyaman bisa membuat si Kecil lebih mudah rewel.

  • Berikan informasi umum seputar perjalanan.

Sembari menunggu kereta datang, ceritakan pada si Kecil tentang apa yang akan terjadi selama di perjalanan. Beri penjelasan sederhana tentang waktu perjalanan yang akan ditempuh untuk sampai ke tujuan. Hal ini tentu akan membuat ia merasa lebih nyaman. Misalnya, katakan bahwa rumah nenek jauh sehingga kita akan tiba di sana pada malam hari. Sampaikan juga bahwa selama perjalanan si Kecil akan melihat hamparaan sawah  dalam perjalanan ke rumah nenek, dan sebagainya.

  • Bawa mainan seperlunya.

Bepergian jarak jauh terkadang memang membosankan. Oleh karena itu, si Kecil membutuhkan hiburan selama di kereta. Bawakan buku cerita atau mainan dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti boneka kecil atau mainan balok. Jumlahnya pun tidak perlu terlalu banyak, yang terpenting si Kecil mendapatkan hiburan selama di perjalanan.

  • Turunkan sandaran kursi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa si Kecil mudah terlelap di tengah perjalanan, apalagi jika naik kereta. Maka dari itu, ada baiknya Ibu menurunkan sandaran kursi saat sudah masuk ke dalam kereta. Selain membuat si Kecil merasa lebih nyaman, hal ini juga memudahkannya bila ia sudah merasa ngantuk.

  • Siapkan bekal dari rumah.

Walaupun saat melakukan perjalanan ke luar kota dengan kereta biasanya ada yang menjual makanan dan minuman. Namun usahakan Ibu membawa bekal lezat dan bergizi, misalnya roti lapis, pie isi tuna atau pasta tahu udang. Menyiapkan bekal buatan sendiri dari rumah juga bermanfaat bila si Kecil tidak menyukai makanan yang disediakan atau dijual di kereta.

  • Biarkan si Kecil bereksploras

Ketika sudah harus duduk manis di dalam kereta, si Kecil biasanya ingin beranjak dari tempat duduknya. Hal tersebut wajar karena ia merasa bosan jika hanya duduk dan melihat ke luar jendela. Oleh sebab itu, gandeng tangan si Kecil saat menyusuri lorong kereta agar ia tetap aman saat berkeliaran di dalam kereta. Jadi, biarkan ia memenuhi rasa ingin tahunya tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan hari ini. Semoga acara jalan-jalan si Kecil naik kereta tidak sekedar menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Terima kasih sudah membaca!