Share Like
Simpan

Bu, kita tidak bisa memungkiri kalau bermain merupakan salah satu aktivitas yang paling digemari oleh si Kecil. Namun, di balik suasana riang gembira, aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya, lho. Pasalnya, bermain merupakan bagian yang penting dari perkembangan fisik, kesehatan mental, dan sosial si Kecil.

Agar ia tidak bosan, bermain juga bisa dilakukan di luar rumah, Bu. Apalagi, seperti yang dikatakan oleh Mayke S. Tedjasaputra, seorang terapis bermain anak, Bermain di luar rumah merupakan kebutuhan anak usia prasekolah dan sekolah dasar.

Nah, setelah mengetahui pentingnya bermain di luar rumah, saya pun mulai mengajak si Kecil untuk mengunjungi beberapa tempat bermain di Ibu Kota. Ternyata, banyak juga tempat bermain anak yang menarik di Jakarta.

Jika ia sedang ingin bermain di dalam ruangan, saya sering mengajaknya ke pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat bermain. Sebaliknya, saya juga selalu mengajaknya ke taman kota, apabila ia sedang ingin bermain di luar ruangan.

Tidak hanya dua tempat itu saja kok, Bu. Masih ada banyak tempat menarik yang bisa Ibu kunjungi bersama si Kecil. Akan tetapi, sebaiknya pilih tempat bermain yang cukup aman dan nyaman agar aktivitas bermain tidak terganggu. Oleh sebab itu, saya biasanya mencari referensi terlebih dahulu di internet atau bertanya pada ibu-ibu lainnya.

Mengingat kita memang harus selektif dalam memilih tempat bermain, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih tempat bermain untuk si Kecil:

  • Kebersihan

Bisa dibilang kebersihan merupakan hal utama yang harus Ibu cermati dalam memilih tempat bermain. Masalahnya, tempat bermain adalah fasilitas publik yang bukan hanya dipakai oleh si Kecil. Maka dari itu, hindari tempat bermain dengan sarana yang tidak terawat atau terkesan jorok, misalnya perosotan yang sudah berlumut.

  • Lokasi

Tempat bermain si Kecil sebaiknya berada tidak terlalu dekat dengan jalan raya. Jika kebetulan lokasinya ada di dalam gedung, usahakan memilih tempat bermain yang terletak di lantai dasar. Selain aman, hal tersebut juga dapat memudahkan si Kecil untuk dievakuasi bila terjadi apa-apa di dalam gedung. 

  • Standar Keamanan

Perhatikan juga standar keamanan yang dimiliki oleh sebuah tempat bermain. Ibu harus memastikan berapa jumlah pengasuh atau petugas yang berada di area tersebut. Hindari tempat bermain yang sepi dan minim pengawasan, kecuali Ibu sendiri yang menjaga si Kecil.

  • Jenis Permainan

Sebuah tempat bermain biasanya memiliki beragam jenis permainan di dalamnya. Maka dari itu, Ibu harus memperhatikan baik-baik apakah jenis permainan tersebut diperuntukkan bagi anak berusia 4-6 tahun. Jangan sampai si Kecil menggunakan permainan untuk anak yang lebih besar, misalnya memanjat jaring-jaring dan sebagainya.

Faktor-faktor tersebut lah yang sekiranya perlu Ibu perhatikan sebelum memilih tempat bermain untuknya. Bagaimana, Bu? Sudah siap untuk bermain bersama si Kecil? Selamat bersenang-senang, ya!