Share Like
Simpan

Bu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bernyanyi bersama si Kecil? Kebanyakan dari kita mungkin akan menjawab kalau hal tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif si Kecil. Beberapa orang juga mengatakan musik mengasah si Kecil untuk tumbuh menjadi anak yang kreatif dan cinta seni. Atau, dengan bernyanyi, si Kecil belajar untuk mengekspresikan dirinnya dengan baik. Yap, semua itu benar. Lewat nyanyian, begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh si Kecil.

 

Setelah mendengar soal banyaknya manfaat itu, saya kemudian jadi bertambah penasaran, Bu.  Kira-kira, bisa tidak ya kita mengasah pembentukan karakter si Kecil lewat nyanyian? Ternyata, jawabannya bisa, Bu!

 

Nah, agar si Kecil terbiasa untuk melakukan kebiasaan yang baik, Ibu juga bisa mengajarkannya lewat beberapa lagu anak Indonesia yang cukup populer, Berikut ini, ada beberapa lagu yang dulu biasa saya pakai untuk mengajarkan kebiasaan baik tersebut kepada si Kecil. Silahkan disimak, Bu!

1. Bangun Tidur

 

Bangun tidur ku terus mandi / Tidak lupa menggosok gigi / Habis mandi kutolong Ibu / Membersihkan tempat tidurku

 

Siapa yang tak kenal dengan lagu tersebut? Sedari kecil pun, saya juga telah mengetahui lagu tersebut. Dulu, saya sering mengajak si Kecil untuk menyanyikan lagu ini bersama-sama, sambil melakukan kegiatan dalam lagu tersebut. Tujuannya ialah untuk melatih si Kecil belajar mandiri dan bertanggung jawab.

 

2. Pelangi

 

Pelangi, pelangi, alangkah indahmu / Merah, kuning, hijau di langit yang biru / Pelukismu agung, siapa gerangan / Pelangi, pelangi, ciptaan Tuhan

 

Lagu Pelangi tersebut bercerita mengenai kekaguman seorang anak akan keindahan pelangi yang ia lihat. Berikan pengertian bahwa setiap hal indah yang ada di dunia ini merupakan pemberian dari Sang Pencipta yang patut untuk disyukuri. Tentunya, jelaskan dengan kalimat sederhana ya, Bu, agar si Kecil tidak bingung.

 

3. Oh Ibu dan Ayah

 

Oh Ibu dan Ayah, selamat pagi / Ku pergi sekolah sampaikan nanti / Selamat belajar, Nak, penuh semangat / Rajinlah selalu, tentu kau dapat / Hormati gurumu, sayangi teman / Itulah tandanya kau murid budiman

 

Selain nadanya yang enak didengar, saya sering sekali menyanyikannya pada si Kecil untuk mengajarkan pentingnya menghargai orang yang lebih tua serta teman sebaya. Selain itu, saya jelaskan bahwa si Kecil harus terus semangat belajar untuk mengembangkan dirinya. Dengan begitu, dia akan bisa mengerti banyak hal baru di sekitarnya dengan baik.

 

Pengenalan karakter positif sejak dini pada si Kecil memang penting untuk diperhatikan, Bu. Sebab, si Kecil akan terus mengingat pembelajaran yang dia terima pada masa kecil ini. Nantinya, hal tersebut akan menentukan bagaimana ia berperilaku nantinya di tengah masyarakat. Don McMannis, pakar pendidikan musik untuk anak, juga mengatakan kalau pendidikan karakter melalui lagu dapat mengaktifkan tiga fungsi otak secara bersamaan: fungsi bahasa, pendengaran, dan juga kontrol nada. Itulah sebabnya belajar melalui lagu dan kata-kata selalu terasa lebih mudah bagi si Kecil.

Wah, menarik ya, Bu! Ternyata, budi pekerti yang baik tidak selalu bisa diajarkan lewat teori saja. Melalui lagu anak yang menyenangkan, si Kecil justru bisa memahami pesan positif yang diajarkan dengan mudah. Jadi, sudah siap bernyanyi bersama si Kecil, Bu?