Share Like
Simpan

Anak-anak cenderung memiliki pola pikir bahwa ia adalah pusat dunia. Saat acara kumpul keluarga, tidak jarang ditemukan anak-anak yang selalu mencari perhatian para orang dewasa. Termasuk anak saya, Bu. Ketika rumah sedang ramai dikunjungi keluarga, ada saja tingkahnya untuk mencari perhatian. 

Jika sudah demikian, saya akan mengajak si Kecil untuk bermain "Sebut & Ceritakan". Pasti ia akan langsung berantusias untuk bermain ini dengan para saudara sepupunya.

Di usianya yang memasuki tahun ke-5, kemampuan bicara yang sudah berkembang membuat ia mudah untuk melakukan percakapan sehari-hari. Melihat perkembangan ini, tentu saya ingin terus melatihnya agar memiliki kemampuan bicara yang lebih baik lagi. Ibu juga pasti menginginkan hal yang sama, bukan? Banyak sekali cara untuk melatihnya, Bu. Salah satunya adalah melalui permainan "Sebut & Ceritakan" itu tadi. Permainan ini sangat mudah, kok. Pertama-tama, ajak si Kecil untuk menggambar objek yang menarik perhatiannya. Lalu, minta ia untuk memamerkannya pada Kakek, Nenek, Om, atau Tante sambil menceritakan artinya. Nah, setelah selesai bercerita, pastikan Ibu memberikan pujian untuknya agar ia semakin bersemangat saat bermain, ya. Jika ia terlihat malu, Ibu atau Ayah dapat membantunya dengan mengajukan pertanyaan seputar gambarnya tersebut.

 

Lalu, apa saja sih manfaat dari permainan “Sebut & Ceritakan” ini?  Yuk simak, Bu!

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pengembangan rasa percaya diri sangat penting dalam tumbuh kembangnya. Ketika si Kecil diberi pujian atas karyanya, ia akan merasa dirinya berharga dan merasa terpacu untuk bereksperimen dan membuat karya lainnya.

 2. Mengasah kemampuan berbahasa

Saat si Kecil diminta untuk menjelaskan gambarnya, ia akan belajar merangkai kata demi kata hingga terbentuk sebuah kalimat. Semakin sering Ibu mengajaknya memainkan permainan ini, maka kemampuannya untuk mendeskripsikan sesuatu akan semakin terasah.

3. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Hal yang paling penting dalam sebuah kelompok sosial adalah komunikasi yang lancar. Anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan kemampuan berbahasa yang baik akan dengan mudah mendapatkan perhatian dari teman-temannya. Sebagai contoh, Saat si Kecil dengan mudahnya bercerita tentang pengalaman liburannya di akhir pekan, tentu anak-anak lain akan dengan senang hati dan penasaran untuk mendengarkan ceritanya.

 

Banyak sekali manfaatnya ya! Nah, satu lagi. Di usia 4-5 tahun ini, si Kecil memang sedang asyik-asyiknya berimajinasi dan berkreasi, Bu. Nah, permainan yang menggabungkan kegiatan menggambar dan bercerita ini pun dapat Ibu manfaatkan untuk mengasah kedua kemampuannya tersebut.

Agar ia terus aktif dan bersemangat saat berkarya, ia tentu juga membutuhkan tubuh yang prima dan tulang yang kuat. Oleh sebab itu, saya pun selalu berusaha memenuhi kebutuhan Vitamin D si Kecil setiap harinya. Vitamin ini berguna untuk membantu penyerapan Kalsium dan Fosfor, dua mineral yang penting untuk pembentukan tulang. 

Vitamin D bisa Ibu temukan dalam susu pertumbuhannya, seperti susu Frisian Flag Karya Suprima. Tidak hanya mengandung Vitamin D, susu ini juga kaya akan Inulin, Zat Besi, serta vitamin dan mineral lainnya yang diformulasikan untuk mendukung kreativitasnya agar ia bisa terus berkarya setiap hari.

Bagaimana? Siap bermain dengan si Kecil? Nah, saat menginjak usia 5 tahun, tentu sayang sekali rasanya untuk tidak mengabadikan celoteh lucu si Kecil, ya. Jadi, pastikan Ibu membuat foto atau video aktivitasnya saat bermain nanti untuk merayakan momen tumbuh kembangnya yang spesial ini. Selamat bermain dengan si Kecil, Bu!