Share Like
Simpan

Saat si Kecil mulai memasuki usia sekolah, ia akan menghadapi berbagai hal baru. Ia akan belajar bergaul dan berinteraksi dengan orang selain keluarganya. Di masa inilah, ia akan menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Tentunya sebagai orang tua, kita tidak bisa selalu melindungi mereka dari hal-hal ini. Karenanya, kita perlu mengajar mereka untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin akan mereka hadapi, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam perkembangan sosial mereka.

Yang kita bisa ajarkan pada si Kecil untuk membantu mereka menyelesaikan masalah adalah mengajarkan mereka untuk mengetahui hak dan kewajiban mereka sendiri. Ini sangatlah penting saat mereka berinteraksi dengan teman-teman di sekolah atau teman sebaya di grup bermain mereka. Ajarkan mereka untuk belajar bertanggung jawab atas mainan, barang, makanan yang mereka miliki, ajari mereka untuk menjaganya dengan baik dan pada saat yang bersamaan, ajarkan mereka untuk tidak merebut atau mengambil hak temannya (mainan, barang, makanan, dll). Selain itu, beritahukan pada mereka untuk tidak membiarkan temannya merampas hak mereka, dan bila ada yang berbuat semena-mena, ajarkan mereka untuk melaporkan kepada otoritas seperti guru, pengasuh, orang yang lebih dewasa dan lain lain.

Hal lain yang bisa kita ajarkan kepada mereka adalah untuk belajar sopan terhadap orang lain, yang dimulai tentunya dari keluarga mereka sendiri. Biasakan mereka untuk meminta izin, untuk mengatakan, “Tolong” bila mereka membutuhkan sesuatu (contohnya, “Mama, tolong ambilkan mainanku, dong.”) Ajarkan mereka untuk tidak menyerobot saat sedang mengantri lift atau eskalator di tempat umum. Ajarkan mereka untuk tidak menjerit-jerit dan mengganggu di saat mereka sedang di tempat umum, dan mengkomunikasikan keinginan mereka dengan sopan, dan bukan dengan mengamuk atau membuat kekacauan.


Tentunya, untuk melatih mereka teknik menyelesaikan masalah yang baik, tidak ada salahnya kita ajarkan untuk berpikir kreatif. Lewat berbagai permainan yang menyenangkan, si Kecil bisa kita bantu untuk berpikir lebih kreatif yang bisa dapat membantu mereka untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin mereka akan hadapi. Dan hal yang paling baik yang bisa kita ajarkan kepada mereka tentunya adalah bahwa mereka harus memperlakukan semua orang seperti diri mereka sendiri. Dengan begitu, mereka akan sejak dini belajar untuk berperilaku yang baik, menjadi anak-anak yang punya budi pekerti dan bisa berinteraksi dengan normal sehingga membatasi kesulitan mereka untuk menyesuaikan diri di dunia luar.