Share Like
Simpan

Sejak kecil, kita diajarkan tentang manfaat susu bagi tubuh kita. Dan sekarang pun sebagai orang tua, kita selalu memberikan susu bagi buah hati kita. Mungkin sebagian dari kita sudah mengerti manfaat susu bagi anak-anak kita, tetapi tidak ada salahnya kita dalami lagi manfaat susu bagi kesehatan mereka, karena orang tua yang bijak akan selalu memperdalam ilmunya.

Susu adalah makanan yang paling penting bagi seorang anak dalam tahun pertama hidupnya dan masih menjadi yang cukup penting dalam tahun-tahun berikut. Anak-anak di bawah usia 12 bulan harus mendapatkan ASI atau susu formula bayi sebagai makanan utama mereka, tetapi dari usia 1 tahun ke atas, mereka sudah bisa meminum susu pertumbuhan yang khusus untuk jangkauan usia mereka.

Di usia balita, anak-anak masih membutuhkan lemak sebagai sumber energi mereka. Karena itu, lebih baik memberikan mereka susu pertumbuhan yang dikhususkan untuk usia mereka dibandingkan memberikan susu orang dewasa yang biasanya rendah lemak. Susu pertumbuhan mempunyai kandungan lemak yang cukup untuk membantu pertumbuhan mereka, dan tidak berlebih sehingga Anda tidak perlu takut mereka akan kegemukan.

Susu sangat penting bagi anak balita karena susu mengandung kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kalsium lebih mudah diserap tubuh dari susu dibandingkan dari sayur-sayuran yang mereka makan. Susu juga mengandung protein yang baik untuk mereka dan memberikan lemak yang cukup untuk energi dan pertumbuhan mereka. Selain itu, susu juga kaya akan Vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan mereka, seperti Vitamin A, C dan beta karotin untuk antioksidan dan memperkuat daya tahan tubuh dan inulin prebiotik yang membantu sistem pencernaan mereka.

Susu pertumbuhan anak juga mengandung asam amino penting seperti Tyrosine dan Trytophan, asam lemak DHA, AA dan SA untuk membantu perkembangan otak mereka, dan juga Sphingomyelin yang membantu proses informasi di otak. Karena itu, susu pertumbuhan tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan anak Anda, tetapi juga berguna untuk membantu perkembangan otak mereka agar mereka tidak hanya tumbuh dengan sehat dan kuat, tetapi juga cerdas.

Susu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan balita Anda. Karena itu, janganlah lupa untuk memberikan mereka sedikitnya dua gelas susu setiap hari dan pastikan mereka meminum susu pertumbuhan yang sudah dikhususkan untuk mereka.