Share Like
Simpan

Siapa tak kenal susu cokelat. Susu cokelat adalah tambahan nutrisi yang tepat untuk anak hebat. Susu cokelat memiliki semua kandungan dan manfaat susu dengan rasa yang lezat sehingga sangat disukai anak. Susu cokelat merupakan sumber energi yang kaya untuk memberikan tenaga bagi otot anak.

Nutrisi yang terkandung dalam susu cokelat antara lain:
- vitamin A, B2, B3, dan B12 untuk mata dan menjaga kesehatan,
- vitamin D, kalsium, dan fosfat untuk pertumbuhan tulang dan gigi,
- protein dan mineral untuk meremajakan sel yang rusak dan metabolisme, dan
- karbohidrat sebagai sumber energi.

Pada penelitian yang dilakukan di Amerika serikat, diketahui bahwa kandungan yang terdapat dalam susu cokelat tidak tergantikan oleh jenis minuman pengganti apapun. Sementara apabila susu cokelat digantikan dengan makanan seperti keju, daging, dan sayuran, maka akan diperlukan lebih banyak makanan pengganti dan harganya pun tentu berbeda.

Pada masa pertumbuhan hingga remaja, kandungan vitamin D, kalsium, dan fosfat pada susu cokelat sangat penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Apabila anak tdak mendapatkan nutrisi yang tepat pada masa ini, maka keterlambatan pertumbuhan yang terjadi tidak dapat diperbaiki setelah dewasa.

Susu cokelat seringkali dikaitkan dengan anak yang hiperaktif dan kegemukan. Namun menurut penelitian yang dilakukan di Kanada yang mempelajari pengaruh kandungan gula pada susu cokelat terhadap hiperaktivitas anak, kandungan gula pada susu cokelat tidak memberikan dampak yang berbeda terhadap hiperaktivitas anak dibandingkan jenis minuman lainnya.

Penelitian lainnya di Amerika Serikat juga menunjukkan konsumsi susu cokelat sesuai angka kecukupan gizi tidak menyebabkan kegemukan dan anak yang minum susu cokelat cenderung lebih sedikit mengonsumsi jenis minuman manis lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, juga ditemukan bahwa anak yang rajin minum susu cokelat lebih sedikit mengalami kerusakan gigi.

Anjuran konsumsi susu cokelat sebaiknya:
- Usia 2-8 tahun: 2 gelas per hari
- Usia 9-18 tahun: 3-4 gelas per hari
(1 gelas = 250 ml)

Banyak cara menyajikan susu cokelat bagi anak dan susu cokelat juga dapat dikombinasikan dengan makanan bergizi lainnya, sehingga anak menjadi lebih menyukainya. Agar anak tidak merasa bosan dan dapat memperoleh manfaat nutrisi dari susu cokelat, cobalah menu berbahan dasar susu cokelat Frisian Flag 123/456 yang terdapat dalam ibudanbalita.com/resep.