Share Like
Simpan

Apakah Ibu merasakan berbagai perubahan hidup setelah si Kecil lahir ke dunia? Kalau jawabannya iya, berarti sama seperti saya, Bu. Awalnya, mungkin Ibu belum terbiasa menjalani kehidupan baru. Namun, lama-kelamaan Ibu tentu mulai dapat mengatasi perubahan tersebut.

Saya pun sempat berkonsultasi dengan pakar ibu dan anak, supaya lebih siap menghadapi segala perubahan pasca melahirkan. Selain , banyak berbagai hal yang perlu Ibu siapkan untuk menghadapi perubahan hidup setelah kehadiran si Kecil. Perubahan apa saja ya, Bu? Yuk, simak selengkapnya!

Bentuk Tubuh yang Berubah

Usai melahirkan, tubuh Ibu tentunya akan menyesuaikan diri untuk pemulihan. Akan tetapi, Ibu tidak perlu khawatir apabila menemukan berbagai perubahan pada tubuh. Setelah melakukan , saya mendapatkan informasi bahwa serangkaian perubahan seperti berubahnya warna stretchmark, payudara terasa nyeri, dan pembengkakan kaki merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita pasca melahirkan. Payudara yang terasa nyeri tersebut adalah pertanda semakin bertambahnya Air Susu Ibu (ASI).

Perubahan Gaya Hidup

Jika biasanya hanya memenuhi kebutuhan Ayah dan diri sendiri, kini Ibu juga harus mengurus kebutuhan si Kecil, termasuk . Selain itu, tanggung jawab Ibu sekaligus Ayah juga meningkat. Apabila dulu Ibu sering berkumpul bersama teman-teman, mungkin sekarang waktunya lebih banyak dihabiskan untuk mengurus buah hati di rumah. Hadapi hal ini dengan selalu optimis dan percayalah, bahwa perubahan gaya hidup sebagai seorang ibu yang penuh tanggung jawab pasti berdampak positif bagi tumbuh kembang si Kecil.

Harus Bisa Mengambil Keputusan dengan Tepat

Setelah si Kecil hadir di tengah-tengah keluarga, Ibu juga harus bisa mengambil keputusan dengan lebih bijaksana. Salah satu contohnya adalah ketika si Kecil jatuh sakit dan tak kunjung membaik setelah seharian penuh. Jika hal ini terjadi, Ibu tidak perlu bingung mengambil keputusan dan segera periksakan si Kecil ke dokter anak sebelum terlambat. Cepat mengambil keputusan dengan bijaksana tentu dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.   

Perubahan Jadwal Harian

Apa Ibu termasuk orang yang jadwal hariannya selalu teratur? Nah, ketika sudah memiliki buah hati nanti, mungkin awalnya jadwal Ibu tidak dapat diprediksi seperti dulu. Oleh karena itu, penting bagi Ibu berbagi waktu mengurus si Kecil bersama Ayah, misalnya saat tiba-tiba ia terbangun di malam hari. Meski banyak tantangan, namun seiring berjalannya waktu Ibu akan terbiasa dengan perubahan jadwal ini. Ibu pun dapat bertukar informasi seputar perawatan bayi di forum Ibu dan Balita dengan orang tua lainnya.

Bagaimana, Bu? Itulah berbagai hal yang umumnya akan berubah dalam kehidupan Ibu setelah hadirnya buah hati tercinta. Untuk menjadi ibu baik, tanggung jawab dan kasih sayang adalah kunci untuk merasakan Momen Wow Mama yang indah dan juga penuh tantangan.

Selamat menikmati Momen Wow Mama yang penuh sukacita, Bu!