Share Like
Simpan

Jenis musik apa yang paling disukai si Kecil? Kalau jawabannya musik riang yang bertempo cepat, berarti seleranya sama dengan saya, Bu! Pasalnya, jenis musik tersebut memang selalu membuat saya bersemangat untuk memulai hari yang baru.

Ngomong-ngomong soal musik, hari ini saya punya cerita menarik. Waktu si Kecil masih berusia 4 tahun, saya sering mengajak ia dan teman-temannya untuk bermain musik di rumah. Nah, kalau bermain musik dengan instrumen modern pasti sudah biasa ya, Bu. Namun, bagaimana kalau menggunakan peralatan rumah tangga?

Ya, untuk acara bermain si Kecil dulu, saya memanfaatkan wadah plastik sebagai drum dan sepasang sumpit untuk stik-nya. Seru sekali, deh! Bahkan, ketika si Kecil beraksi bagaikan seorang drummer, saya sampai berharap ia bisa menjadi musisi handal di masa depan.

Ingin melakukan permainan ini, Bu? Persiapannya mudah, kok. Ibu tinggal mengikuti tips berikut ini:

  1. Ibu bisa mengajak teman-teman sebayanya untuk sesi bermain musik bersama di rumah. Rencanakan hal tersebut dari jauh-jauh hari dengan menghubungi orang tua mereka.
  2. Minta si Kecil dan teman-temannya untuk menyiapkan beberapa pilihan alat musik seperti drum yang terbuat buat dari kaleng bekas, tamborin, atau kecrekan yang bisa dibuat dari botol plastik berisi beras. Kemudian, siapkan juga lirik lagu anak-anak yang ingin dimainkan.
  3. Jika sudah siap, ajak si Kecil dan teman-temannya untuk memilih instrumen yang mereka sukai.
  4. Sekarang para calon musisi handal masa depan tersebut sudah siap dengan alat musiknya masing-masing. Nah, Ibu bersama orangtua lainnya bisa mulai memandu mereka dengan memberi aba-aba seperti dirigen.
  5. Salah satu orangtua bisa mulai menyanyikan lagu yang ingin dimainkan, sementara anak-anak bisa mulai bermain musik semau mereka. Biarkan mereka berekspresi sesuka hati dengan membuat bunyi yang nyaring dari alat-alat musik tersebut.
  6. Jangan lupa, berikan juga apresiasi kepada si Kecil dan teman-temannya saat mereka bisa bermain musik untuk pertama kalinya. Misalnya dengan berkata, “Wah, hebat ya! Kalian bisa memainkan alat musik dengan baik!”

Seru, kan? Nah, lewat musik, ia dan teman-teman sebayanya juga bisa menjadi lebih peka dan ekspresif, lho.  Tak hanya itu, bermain musik sejak dini juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Bermain musik dapat melatih koordinasi antara tangan, mata, dan telinga. Aktivitas ini juga senantiasa menghubungkan sel-sel otak yang satu dengan yang lain.
  • Si Kecil bisa mengekspresikan dirinya dengan bermain alat musik atau menari sambil diiringi alunan musik. Bermain musik dengan teman-teman juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasinya sejak dini.
  • Gerakan yang dilakukan saat bermain musik atau menari dapat mengoptimalkan keterampilan motorik kasar dan halus si Kecil. Musik juga berperan penting dalam perkembangan kognitif dan meningkatkan kreativitasnya.

Agar aktivitas belajar bermain musiknya lebih optimal, pastikan si Kecil sudah menyantap aneka makanan bergizi seperti sayur-sayuran sebelum konser musik dimulai, ya. Namun, bagaimana kalau ia tidak suka makan sayur? Nah, kalau saya biasa mengakalinya dengan saus keju cepat leleh, sehingga si Kecil bisa mencelupkan potongan wortel atau brokoli kukus ke saus tersebut. Menyajikan sayuran yang dibuat dengan tampilan wajah tersenyum di atas piring juga dapat menarik perhatiannya, lho.

Jangan lupa, Bu. Selain sayur-sayuran, si Kecil tentu juga memerlukan asupan nutrisi lainnya yang dapat mendukung daya kreativitasnya. Pasalnya, ia semakin kreatif di tahap usia 4-6 tahun ini, Bu. Kemampuan berimajinasinya juga semakin berkembang sehingga ia selalu bersemangat untuk menciptakan karya baru, termasuk saat main musik nanti.

Inilah alasan mengapa saya selalu menyajikan Frisian Flag Karya Suprima sebagai teman aktivitasnya sehari-hari. Selain memiliki rasa yang lezat, susu pun diperkaya dengan kombinasi tinggi Vitamin D, Selenium, Seng, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, C, dan E, serta Inulin yang diformulasikan untuk mendukung kreativitasnya agar ia bisa terus berkreasi setiap hari.

Bagaimana, Bu? Sudah siap bermain musik bersama si Kecil? Selamat bersenang-senang, ya!