Share Like
Simpan

Kecerdasan bahasa (linguistik) adalah kemampuan si Kecil untuk menggunakan kata dan bahasa (baik bahasa ibu maupun bahasa lain), mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya ke dalam kata-kata dan memahami orang lain. Kecerdasan ini meliputi kemampuan berbahasa tulisan dan lisan yang diperlukan si Kecil agar dapat berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis.

Bila kecerdasan bahasanya lebih menonjol, maka si Kecil tumbuh sebagai seorang anak yang senang bercerita dan bertanya. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan si kecil dalam berbahasa? Berikut hal-hal yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil :

Membacakan cerita/puisi
Hal ini bisa Ibu lakukan di sela-sela waktu bermain bersama si Kecil, atau bisa juga menjelang tidur. Sumber cerita bisa dari buku, majalah atau kejadian sehari-hari.

Mengajak berbicara
Dalam setiap kesempatan berinteraksi, ajaklah si Kecil berbicara. Komunikasikan apa yang sedang Ibu lakukan ketika memandikan, menyuapi, memakaikan baju, atau menyiapkan susunya. ”Nah sekarang Ibu akan memasukkan 3 sendok susu bubuk ini ke dalam cangkir. Lalu Ibu bisa memancing si Kecil dengan bertanya ”Setelah ini kita tuangkan apa ke dalam cangkirmu?”.

Mengenal huruf dan kata
Banyak cara yang menyenangkan untuk mengenalkan huruf dan kata kepada si Kecil. Salah satunya adalah dengan memberi nama benda-benda yang ada di kamar si Kecil. Tuliskan dalam sehelai kertas putih, misalnya KURSI, dengan ukuran huruf yang cukup besar, lalu tempel kertas ini di bagian punggung kursi yang ada di meja si Kecil. Lakukan hal yang sama terhadap benda lain yang ada di kamar si Kecil, seperti LEMARI, PINTU, dll. Melihat benda dan nama yang tercantum di benda tersebut, akan memudahkan si Kecil untuk mengenal huruf dan kata.

Memperdengarkan lagu
Ya, lirik dalam lagu akan memperkaya perbendaharaan kata-kata si Kecil. Perdengarkan lagu anak-anak, bisa dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lain.

Merekam suara
Hampir semua jenis gadget saat ini telah dilengkapi dengan perangkat perekam suara. Rekamlah percakapan atau nyanyian Ibu bersama si Kecil, lalu dengarkan bersama-sama hasil rekaman itu.