Share Like
Simpan

Bicara soal makanan selingan untuk anak yang berusia 1-3 tahun memang agak membingungkan. Di satu sisi, kita, sebagai Ibu, senang sekali kalau melihat si Kecil banyak makannya. Di sisi lain, si Kecil gemar makan makanan yang tidak terlalu bergizi. Saya juga sempat merasa bingung, Bu. Terlebih, di tahap ini, si Kecil perlu mendapatkan asupan makanan yang bergizi untuk melengkapi pertumbuhannya.

Nah, daripada kesulitan menemukan makanan yang sesuai untuk si Kecil, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah, Bu? Selain kebersihannya jauh lebih terjamin, Ibu pun bisa memastikan si Kecil telah mendapatkan nutrisi yang terbaik melalui kreasi makanan Ibu. Contohnya seperti resep jelly sehat di bawah ini, yang dapat Ibu lakukan di rumah. Selamat mencoba, Bu!

Alat dan bahan:

  • 1 bungkus gelatin bubuk (bisa juga diganti dengan bubuk agar-agar).
  • 60 ml buah yang telah dibuat menjadi puree atau jus.
  • 100 ml air.
  • Cetakan jelly.

Cara membuat:

  1. Pertama, panaskan 50 ml air terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam sebuah mangkuk tahan panas.
  2. Berikan satu sendok bubuk gelatin pada air yang telah dididihkan. Aduk hingga merata. Sedikit tips, pastikan Ibu mengetahui dengan baik bahan gelatin yang Ibu gunakan. Beberapa gelatin ada yang terbuat dari kulit babi, yang tergolong tidak halal bagi kaum muslim. Sebagai alternatif, pilihlah gelatin yang terbuat dari kulit sapi atau gunakan bubuk agar-agar yang dijual bebas di pasaran.
  3. Tuangkan 50 ml air dingin dan jus buah ke dalam adonan gelatin. Aduk perlahan agar semua bahan tercampur dengan baik.
  4. Siapkan cetakan jelly, lalu tuangkan adonan jelly tadi ke dalam cetakan tersebut. Supaya lebih menarik, pilih cetakan jelly yang berbentuk unik ya, Bu. Saat ini, Ibu bisa menemukan berbagai wadah dan cetakan jelly dengan aneka ragam bentuk di toko bahan makanan, mulai dari bentuk binatang hingga bentuk bunga.
  5. Masukkan cetakan ke dalam kulkas. Tunggu hingga jelly mendingin.

Mudah kan, Bu? Setelah jelly mendingin, segera sajikan pada si Kecil. Sebagai pelengkap, Ibu bisa menambahkan potongan buah segar atau olesan selai buah pada jelly. Ibu bisa memilih buah apa saja, sesuai kesukaan si Kecil di rumah.

Sampai saat ini, saya sering membuatkan jelly untuk si Kecil sesuai resep tersebut, Bu. Cara membuatnya mudah, bahannya pun tidak sulit untuk didapat. Homemade jelly tersebut pun jauh lebih aman untuk dikonsumsi, karena tidak menggunakan pewarna buatan ataupun bahan artifisial lainnya. Si Kecil sehat, Ibu pun bisa tenang.

Nah, selain makanan yang sehat, saya juga berusaha melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil agar lebih maksimal. Salah satunya ialah dengan memberikannya susu pertumbuhan Frisian Flag Jelajah. Si Kecil suka sekali dengan susu ini, Bu. Frisian Flag Jelajah diperkaya dengan kombinasi tinggi Protein, Zat Besi, Iodium, Selenium, Seng, Vitamin A, C, & E serta Inulin. Semuanya adalah nutrisi kunci yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun.

Berkat Frisian Flag Jelajah, saya pun tidak perlu lagi khawatir akan kebutuhan gizi si Kecil. Buktinya, sekarang si Kecil telah tumbuh menjadi anak yang aktif dan penuh semangat. Ini pilihan saya, bagaimana dengan Ibu?