Share Like
Simpan

Halo Ibu, apa kabar si Kecil? Semoga Ibu dan si Kecil sehat dan ceria selalu, ya. Kali ini saya akan berbagi resep bubur kreasi sukun untuk si Kecil yang berusia di atas 9 bulan. Dari pengalaman saya dulu, sukun atau breadfruit ini ternyata bisa diberikan kepada si Kecil sebagai pengganti nasi, lho.

Sukun mengandung karbohidrat dan protein yang sangat tinggi tetapi kalorinya relatif rendah. Kandungan nutrisi sukun antara lain Vitamin C, Vitamin B, Zat Besi, Kalsium, dan Fosfor. Zat Fitokimia yang dibutuhkan oleh tubuh juga terdapat dalam sukun, seperti Lysin, Triptophan, Metionin, Vialin, Isoleusin, dan Histidin. Selain itu, tekstur sukun sangat lembut dengan kandungan serat yang tinggi.

Bila si Kecil suka dengan rasa manis, maka sukun adalah pilihan tepat. Baiknya lagi, Ibu juga bisa menambahkan bahan lainnya yang bercita rasa gurih. Nah, untuk resep pertama, saya akan mengombinasikan sukun dengan kacang hijau. Mengapakacang hijau? Fosfor dan Kalsium banyak terdapat dalam kacang hijau. Selain itu, kacang hijau juga mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Zat Besi, Protein dan lemak yang sangat dibutuhkan si Kecil. Lengkap ya, Bu?

 Bubur Sukun Kacang Hijau (untuk anak usia di atas 9 bulan)

Bahan :

  • 100 gram sukun, kupas, potong dadu.
  • 50 gram kacang hijau.
  • 150 ml air matang hangat.
  • 100 ml ASI.

Cara membuat :

  1. Rendam kacang hijau beberapa jam sebelum dimasak, agar mudah diolah.
  2. Rebus kacang hijau sampai empuk. Tambahkan air bila kacang hijau belum empuk.
  3. Masukkan potongan sukun bila kacang hijau sudah mulai empuk.
  4. Setelah sukun matang, angkat dan haluskan dengan menggunakan blender.
  5. Sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  6. Tambahkan ASI dan 150 ml air matang hangat ke bubur yang sudah di mangkok. Aduk merata.
  7. Sajikan hangat.

Ibu bisa mengganti kacang hijau dengan bahan lain, seperti kacang merah basah sebagai pendamping sukun. Kacang merah basah lebih cepat masak dibanding kacang merah kering. Bila Ibu menggunakan kacang merah kering, sebaiknya kacang merah direndam dulu beberapa jam sebelum dimasak agar lebih cepat empuk.

Bahan lain yang bisa dipakai sebagai pendamping sukun adalah buah-buahan, seperti melon, blewah, alpukat, pepaya, atau pisang. Buah-buah tersebut ada yang bisa dicampurkan dalam keadaan mentah, ada juga yang harus dimasak terlebih dahulu seperti apel dan pir.

 

Bubur Sukun dan Pir (untuk anak usia di atas 9 bulan)

Bahan :

  • 100 gram sukun, kupas dan potong dadu.
  • ½ bagian buah pir, kupas, potong dadu.
  • 100 ml ASI.

Cara membuat :

  1. Kukus sukun dan pir bersamaan sampai masak.
  2. Haluskan sukun dan pir dengan blender.
  3. Sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  4. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk secara merata.
  5. Sajikan untuk si Kecil.

Selain mencampurkan sukun dengan kacang-kacangan dan aneka buah, Ibu juga bisa menambahkan sayur-sayuran yang disukai si Kecil. Beberapa jenis sayur yang bisa menjadi pilihan, di antaranya brokoli, wortel, buncis, bayam hijau, bayam merah, kacang panjang, dan kembang kol.

Wah, sepertinya semakin banyak pilihan kreasi sukun untuk menu makan si Kecil. Sebagai awal, silahkan dicoba resep rekomendasi saya terlebih dahulu ya, Bu. Semoga cocok dengan lidah si Kecil!