Share Like
Simpan

Pernahkan ibu memperhatikan posisi duduk si Kecil saat ia asyik menggambar atau membuat kerajinan tangan di meja belajar? Kadang kala, karena terlalu asyik bermain, si Kecil dapat duduk berjam-jam. Walaupun si Kecil terlihat ‘anteng’ berkutat di meja belajar, tapi sebaiknya ibu memperhatikan posisi duduknya.

Posisi duduk yang tidak benar dapat membuat otot dan jaringan sekitarnya bekerja lebih keras dan menjadi tegang, sehingga aliran darah pun terganggu. Bila keadaan ini berlanjut si Kecil dapat mengalami pegal-pegal pada leher, punggung, bahu siku, pergelangan tangan, atau mungkin mengeluh sakit kepala. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa posisi duduk anak-anak di sekolah bukan saja dapat mempengaruhi kesehatan pernapasan, tapi juga pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Biasanya anak-anak cenderung untuk duduk dalam posisi yang kurang tepat, termasuk pada saat mereka menggambar atau menulis di meja belajar. Nah, untuk membiasakan anak agar duduk dalam posisi tubuh yang benar, berikut ini adalah panduan yang dapat ibu lakukan:

  • Ajari si Kecil duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke arah belakang., sehingga posisinya tidak membungkuk di meja belajar.
  • Posisi lutut si Kecil sebaiknya lebih tinggi dari pinggul.
  • Posisi kaki sejajar dengan lantai.
  • Ajari si Kecil untuk duduk tidak terlalu jauh dengan meja belajar sehingga ia nyaman saat menggambar atau menulis atau melakukan aktivitas di atas meja belajar.
  • Ajari si Kecil untuk bergerak ke depan saat hendak berdiri dan dengan kaki lurus, dan tidak memutar pinggangnya

 

Untuk menjaga posisi duduk si Kecil nyaman, ibu juga perlu memperhatikan posisi meja belajar dan lutut si Kecil. Pastikan ada jarak yang cukup antara dasar meja dan lutut si Kecil, sehingga tungkainya tidak terjepit pada dasar meja. Selain itu, pastikan lebar meja cukup untuk si Kecil melakukan aktivitas menulis dan menggambar sehingga lengannya dapat bertumpu pada meja.

Ayo Bu, dukunglah si Kecil untuk memiliki kebiasaan posisi duduk yang benar sejak usia dini dan dapatkan Meja Belajar Baba gratis dengan bergabung di Komunitas Ibu dan Balita. Ikuti program hadiah dengan menukarkan 2880 poin di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, klik untuk lihat jadwal.