Share Like
Simpan

Hai Bu! Bagaimana kabar perkembangan si Kecil? Apakah sudah terlihat apa saja yang menjadi minatnya? Jika iya, mungkin kini sudah saatnya bagi Ibu untuk memilih kursus yang tepat bagi si Kecil.

Usia pra sekolah (4-6 tahun) merupakan usia dimana kemampuan kognitif si Kecil sedang berkembang dengan pesat. Ia akan senang melukis, berenang, menyanyi, bahkan bermain alat musik. Di umur ini Ibu bisa mulai mengajaknya mendalami minatnya tersebut melalui kursus. Akan tetapi, pertanyaan yang sering muncul adalah “Apakah di usianya saat ini ia sudah membutuhkan kursus?”. 

Mengembangkan kemampuan intelektual, fisik, sosial, dan emosional si Kecil bisa dilakukan sejak dini untuk menunjang perkembangan balita. Akan tetapi, sebelum mendaftarkan kursus untuknya, Ibu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Coba perhatikan kegiatan yang diminati oleh si Kecil. Untuk memastikan, ajak ia beraktivitas bersama. Ibu bisa mengikuti kelas percobaan untuk melihat reaksi si Kecil sebelum mendaftarkannya.

2. Apakah si Kecil cukup susah diatur? Apabila iya, jangan terburu-buru untuk mendaftarkan kursus untuknya. Daftarkan ia kursus yang ia minati bila ia sudah bisa mengikuti perintah orang lain diluar perintah Ibu atau Ayah.

3. Pastikan si Kecil dapat memusatkan perhatiannya selama mengikuti kursus. Bila ia sulit melakukan hal tersebut, sebaiknya tahan dulu keinginan Ibu untuk mendaftarkan kursus untuknya.

4. Anak di usia ini pada umumnya lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, pastikan lokasi serta waktu kursusnya tidak memakan waktu terlalu lama ya, Bu.. 

Aktivitas untuk mendukung perkembangan balita sangatlah beragam. Berikut adalah beberapa jenis kegiatan yang bisa diikuti olehnya:

Renang

Olahraga ini cocok untuk si Kecil yang sedang aktif bergerak. Renang juga ikut membantu melatih otot-ototnya sehingga ia menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, olahraga ini juga dapat melatih pernapasan dan kerja jantungnya sehingga aliran darahnya semakin lancar. Rajin berenang juga dapat menambah kemampuan bersosialisasinya lho, Bu. Jika dibangun sejak dini, maka akan memberikan manfaat lebih bagi perkembangan balita. 

Menggambar

Mendaftarkan kursus menggambar di usianya sekarang dapat memperdalam minatnya terhadap kegiatan melukis, mewarnai dan juga menggambar. Selain melatih kemampuan bersosialnya, menggambar dapat menjadi pelampiasan emosi serta perasaan si Kecil. Ia dapat belajar mengontrol emosinya dan mengekspresikan perasaannya ke dalam kegiatan yang positif.

Musik

Dengan mengikuti kursus ini, si Kecil dapat melatih kesukaannya pada musik sedari dini. Memperdalam kemampuan bermusik padanya sangatlah bagus untuk perkembangan kognitifnya sehingga ia dapat lebih unggul dalam kemampuan membaca serta berbicara. 

Bagaimana, Bu? Kegiatan apakah yang menjadi minat si Kecil? Apapun kegiatannya, akan lebih baik bila Ibu dan keluarga dapat mendampinginya melalui proses belajar. Sebagai permulaan, Ibu bisa menemaninya di tempat kursus agar ia tetap merasa nyaman karena tidak semua balita dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Perlu diingat, seringkali orang tua memiliki harapan yang cukup tinggi pada anaknya. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mendaftarkan si Kecil ke dalam berbagai macam kegiatan sekaligus. Namun, ada baiknya apabila Ibu tidak memaksakan banyak kegiatan kepada si Kecil. Alih-alih menambah kemampuannya, terlalu banyak kegiatan justru dapat membuatnya merasa frustasi, Bu. 

Biarkan si Kecil memilih apa yang menjadi kesukaannya agar proses belajarnya menjadi semakin menyenangkan, ya! Selamat memilih tempat kursus bersama si Kecil, Bu!