Salah satu pertimbangan ketika memilih susu untuk anak adalah kandungan bahannya harus lengkap. Selama masa pertumbuhannya, si kecil membutuhkan nutrisi dengan jenis dan jumlah yang sesuai. Kekurangan salah satunya dapat mengganggu pertumbuhan fisik, mental, perkembangan otak, hingga pencernaan. 

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil adalah prebiotik. Tujuannya adalah untuk memberi makan kepada bakteri baik di dalam usus yaitu, probiotik. Lalu, apakah penting susu formula yang mengandung probiotik?

Apa perbedaan prebiotik dengan probiotik?

Sebelum membahas mengenai penting atau tidaknya susu yang mengandung probiotik untuk si Kecil, Ibu perlu tahu dulu apa perbedaan prebiotik dan probiotik. 

Baik prebiotik maupun probiotik keduanya memiliki peran yang penting untuk kesehatan pencernaan. Prebiotik atau yang umumnya dikenal dengan serat adalah makanan bagi probiotik atau bakteri baik yang secara alami sudah ada di dalam tubuh. 

Probiotik dan prebiotik sama-sama dibutuhkan oleh pencernaan, hanya saja prebiotik harus didapatkan dari makanan atau minuman sedangkan probiotik sudah secara alami ada di dalam pencernaan. Maka, penting untuk konsumsi asupan dengan nutrisi yang tepat karena dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di dalam usus . 

Artikel Sejenis

Agar Ibu semakin paham mengenai perlu atau tidaknya susu formula yang mengandung probiotik, berikut penjelasan mengenai keduanya. 

  • Prebiotik

    Ada beberapa jenis serat tanaman yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, salah satunya adalah prebiotik. Meski begitu, serat ini justru merupakan sumber makanan dari bakteri dan mikroorganisme lainnya yang ada di dalam usus. 

    Tubuh membutuhkan prebiotik untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi probiotik yang merupakan bakteri baik yang sudah ada dan berkembang di dalam jaringan usus. 

    Probiotik nantinya akan mengurai prebiotik dan menghasilkan zat yang akan diserap sebagai makanan bagi bakteri baik untuk berkembang di dalam usus. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, penting bagi Ibu untuk memberikan susu formula yang mengandung prebiotik. 

  • Probiotik

    Jika prebiotik merupakan serat makanan yang bisa menjadi asupan untuk bakteri usus, maka probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu melindungi pencernaan dari jamur dan bakteri jahat yang terdapat di dalam usus. 

    Selain itu, probiotik juga membantu tubuh dalam menjaga kekebalan tubuh, mencegah obesitas, dan melancarkan pencernaan. 

    Jadi, apakah perlu kandungan probiotik di dalam susu? Jawabannya tidak ya, Bu. Karena probiotik sudah secara alami ada dalam tubuh dah hanya perlu diberi asupan prebiotik sehingga jumlah probiotik atau bakteri baik semakin banyak. 

Susu formula merupakan pelengkap nutrisi bagi anak karena sumber utamanya dari makanan. Meski demikian ketika memilihnya harus selektif sehingga semua zat tersedia bagi tubuh. 

Anak perlu mengonsumsi susu formula dengan kandungan prebiotik yang dapat mendukung agar jumlah probiotik dalam tubuh sesuai kebutuhan. Dengan demikian kesehatan saluran pencernaan dan daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Manfaat Susu Formula Prebiotik untuk Anak

Sebagai pelengkap nutrisi pada anak, manfaat susu formula sangat penting. Sedangkan tingkatnya tergantung dari kandungan bahan dan kebutuhan buah hati. manfaat susu formula yang mengandung prebiotik bagi anak sangat penting.

Sebagai sumber makanan paling utama bagi probiotik, jika jumlahnya kurang menyebabkan bakteri baik akan terhambat pertumbuhannya. Ini yang menjadi pemicu berbagai penyakit pada anak-anak. Sifat dari prebiotik adalah sulit untuk dicerna.

Dengan demikian akan sampai pada usus dalam keadaan utuh. Prebiotik akan membantu koloni bakteri baik untuk berkembang biak sesuai kebutuhan. hal ini yang membantu menjaga saluran pencernaan tetap dalam keadaan sehat. 

Konsumsi probiotik tambahan tidak perlu karena secara alami tubuh akan menghasilkan bakteri tersebut. Cukup dengan menjaga prebiotik, sehingga ketersediaan probiotik mencukupi.

Ibu mungkin bingung saat memilih susu untuk buah hati. Namun kini tidak perlu bingung lagi. Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ merupakan susu pilihan terbaik. Tersedia untuk anak usia 1 tahun dan 3 tahun. Susu ini mengandung zat esensial bagi tumbuh kembang anak yang banyak mengandung manfaat, antara lain:

  • Mengandung serat prebiotik inulin sebagai makanan untuk probiotik
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang 
  • Kandungan protein lengkap
  • Kandungan DHA 4x lebih tinggi
  • Mendukung perkembangan otak
  • Zat gizinya mudah dicerna
  • Mendukung daya tahan tubuh

Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mempunyai formula lengkap yang cocok untuk anak Bunda. Dengan memberikan susu terbaik, maka semua kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi. Di dalamnya terdapat:

  • Mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE)
  • DHA 4x lebih tinggi 
  • Mengandung 8 kombinasi nutrisi prima untuk dukung akal kreatif si kecil, seperti omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi
  • Diperkaya juga dengan 5 kombinasi nutrisi penting untuk daya tahan tubuh: zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 asam amino esensial
  • Mengandung serat prebiotik inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si kecil

Untuk anak bunda dengan usia 1 tahun, bisa menggunakan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Sedangkan untuk kakak dengan 3 tahun bisa mengkonsumsi susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+. Kandungan keduanya sama-sama lengkap karena mengandung prebiotik. 

Asam amino merupakan zat yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak sehingga lebih prima. 9 jenisnya, (9AAE), tidak bisa digantikan oleh nutrisi lain. Tubuh tidak dapat memproduksinya sehingga hanya bisa diperoleh dari asupan makanan dan minuman

Jika kekurangan zat tersebut maka pertumbuhan mental dan fisik akan terganggu. kreativitas dan aktivitasnya akan terbatas. Anak dengan nutrisi lengkap tumbuh lebih tangkas dan berani. Antara 9AAE dan DHA 4x Lebih Tinggi harus saling melengkapi agar tumbuh kembang anak lebih optimal

9AAE merupakan zat yang setiap hari harus dikonsumsi. Nutrisi penting ini hanya ada dalam sumber protein tinggi, seperti susu, ikan, telur, daging merah, dan daging putih. 

Susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ sangat lengkap dengan kandungan serat pangan inulin 1 gr. Inulin merupakan jenis prebiotik yang memberikan kondisi terbaik untuk kekebalan tubuh anak, pertumbuhan bakteri baik, dan membantu memelihara fungsi saluran cerna. DI dalam satu sajian PRIMAGRO terdapat 1 gram inulin yang dibutuhkan tubuh si Kecil.

Bu, apakah sudah dipastikan bahwa kebutuhan 9AAE dan DHA sudah terpenuhi secara bersamaaan? Keduanya tidak bisa bekerja sendiri tetapi secara bersama-sama. 

Komponen protein esensial tersebut penting untuk perkembangan otak dan menstimulasi hormon agar tulang dan otot anak tumbuh sempurna. Sedangkan DHA adalah nutrisi yang dibawa 9AAE ke dalam sel tubuh. Keduanya sama penting dan saling melengkapi satu dengan lainnya.

Setiap ibu pasti ingin anaknya tumbuh dengan maksimal. Karena itu perlu memberi susu bubuk pertumbuhan terbaik, Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan/atau susu bubuk Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang mengandung 9AAE lengkap dan 4x DHA lebih tinggi. PRIMAGRO merupakan susu formula terbaik untuk buah hati. Karena mengandung prebiotik, jadi tidak perlu mengkonsumsi susu formula yang mengandung probiotik lagi.