Share Like
Simpan

Bu, senangnya deh! Beberapa waktu lalu, adik saya yang paling kecil baru saja melahirkan anak pertamanya.  Nama panggilannya Arya, yang artinya tegas dan tegap.

Berhubung ini anak pertama, saya pun ingin memberikan kado yang spesial untuk  si Kecil. Inginnya sih, memberikan hadiah yang tak hanya disukai olehnya, tapi juga bermanfaat baginya. Setelah memutar otak, saya akhirnya memutuskan memberikan ia mainan, Bu. Namun, tentunya ini tak sekedar mainan biasa, tapi yang bisa dipakai untuk kegiatan belajarnya.

Maksudnya belajar? Nah, jadi begini. Sejak lahir ke dunia, si Kecil itu sebenarnya sudah mulai mengembangkan berbagai macam kemampuannya lewat aktivitas sehari-hari, termasuk saat bermain. Seperti yang diungkapkan dalam buku Einstein Never Used Flashcards yang ditulis oleh tim psikolog anak Kathy Hirsh-Pasek, Ph.D., Roberta Michnick Golinkoff, Ph.D., dan Diane Eyer, Ph.D, bermain itu penting bagi si Kecil sama pentingnya  dengan bensin bagi sebuah mobil. Oleh karena itu, memilih mainan yang tepat tentu bisa ikut membantu proses tumbuh kembangnya juga, Bu.

Dari sekian banyak pilihan, akhirnya saya waktu itu memilih 5 mainan yang menurut saya dapat dipakai untuk mengembangkan kemampuan si Kecil. Penasaran Bu, apa saja mainannya dan apa manfaatnya? Berikut ini saya jelaskan satu per satu, ya!

Mainan Berwarna Hitam, Putih, dan Merah

Saat baru lahir, kemampuan  mata si Kecil masih harus berkembang lebih banyak lagi, sehingga saat ini biasanya ia baru bisa melihat warna-warna yang kontras. Untuk itu, saya memilihkan mainan berwarna hitam, putih, dan merah dengan berbagai bentuk untuk si Kecil. Mainan dengan warna yang mudah dilihatnya seperti itu akan ikut melatih kemampuan fokus matanya serta membuatnya bisa mulai belajar tentang berbagai macam bentuk.

Rattle

Mainan rattle yang bisa diikatkan ke tangan atau kaki si Kecil tak hanya akan membuatnya penasaran dan senang, tapi juga ikut melatih kemampuannya, lho.  Lewat mainan seperti ini, si Kecil bisa mengasah pendengarannya serta berlatih menggerakkan tangan dan kaki untuk mendengar bebunyian yang dikeluarkan mainannya.

Buku Kain atau Softbook

Walaupun saat ini si Kecil belum bisa membaca, tapi bukan berarti ia tidak bisa menggunakan buku untuk sarana belajarnya. Kehadiran buku kain atau softbook dengan gambar-gambar lucu dan tekstur yang beragam akan menjadi kesempatan bagi si Kecil untuk belajar soal tekstur, warna dan bentuk. Ibu juga bisa menggunakan buku ini sebagai alat bantu bercerita kepada si Kecil. Seperti yang ditulis dalam situs Earlymoments.com, aktivitas ini juga dapat membuat si Kecil mulai mengenal bahasa dan kata-kata, Bu.

Squeaky Toys

Boneka-boneka karet lucu yang berbunyi jika ditekan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk hadiah kelahiran si Kecil, Bu.  Salah satu alasannya karena dengan mendengar boneka berbunyi saat ditekan, ia jadi bisa belajar tentang aksi dan reaksi. Hal ini tentu baik bagi perkembangan kemampuan kognitifnya, ya!

Teether (Mainan yang Bisa Digigit)

Berdasarkan pengalaman saya, di usia 5-6 bulan nanti biasanya gusi si Kecil akan terasa gatal karena gigi susunya mulai tumbuh. Oleh karena itu, mainan teether dapat Ibu pakai untuk  membantu proses perkembangannya itu, Bu. Dengan menggigit mainan, si Kecil tak hanya merasa nyaman, tapi juga bisa ikut melatih kemampuan motorik halusnya.

Nah, begitu kira-kira 5 mainan yang yang dulu saya pilih untuk anak adik saya yang masih bayi itu, Bu. Tak harus selalu mahal kok, yang terpenting aman untuknya. Semoga artikel ini bisa membantu Ibu dalam memilih mainan untuk si Kecil, ya. Selamat bermain bersamanya, Bu!