Share Like
Simpan

Tubuh balita yang sedang bertumbuh berkembang dengan pesat membutuhkan berbagai hal untuk memaksimalkan perkembangannya. Selain dengan nutrisi yang lengkap, tubuh balita juga membutuhkan olah fisik yang tepat. Selain menyehatkan, olah fisik pun bisa menjaga berat badannya.

Tentu saja dalam hal olah fisik, kita tidak bisa menyamakan kemampuan si Kecil dengan kemampuan orang dewasa. Di usia dini ini, saraf motorik mereka baru saja mulai berkembang, sehingga tidak semua olah fisik yang bisa kita lakukan mereka bisa lakukan. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengajak si Kecil berolah fisik yang tepat dan mudah dilakukan olehnya.

  1. Bermain di halaman/taman rumah. Yang paling penting bagi anak di usia balita adalah menjaga mereka tetap aktif, karena dengan mereka bergerak dengan aktif, mereka melatih bukan saja otot tubuh tetapi juga saraf-saraf di otak. Saat sore hari setelah si Kecil bangun dari tidur siang, ajaklah ia bermain di halaman/taman rumah. Anda bisa memberikan ia bola kecil dan bermain lempar bola dengannya, atau bahkan bermain kejar-kejaran atau petak umpet. Ia akan bergembira, dan tetap sehat.
  2. Bergoyang bersama. Saat hari hujan, si Kecil memang tidak bisa bermain di luar rumah. Tetapi bukan berarti ia hanya bisa diam-diam saja. Di dalam rumah pun ia bisa tetap berolah fisik. Mainkan CD musik yang bergembira (tidak selalu harus lagu anak-anak, yang penting berirama yang enak untuk bergoyang) dan ajaklah ia bergoyang dan berdansa. Berdansa baik untuk melatih otot dan koordinasi sarafnya, dan tentunya menyenangkan untuk dilakukan.
  3. Berolahraga bersama. Anda mempunyai pengaruh yang besar terhadap balita Anda. Di usia ini, ia akan belajar untuk mengikuti semua yang Anda lakukan. Cara yang paling baik untuk mengajarnya berolah fisik adalah dengan memberikan contoh padanya. Anda bisa memulai dengan hal yang paling mudah, berjalan-jalan sore di sekitar kompleks rumah, atau pun bisa mengajaknya ke sport club untuk berenang bersama, atau beraktivitas di arena bermain anak-anak.
  4. Ajak temannya. Cara paling gampang untuk membuat si Kecil aktif adalah dengan mengajak temannya untuk bergabung dan beraktivitas bersama. Ajaklah mereka bersepeda roda tiga bersama keliling kompleks, atau pergi berenang bersama di suatu hari minggu atau sabtu.
  5. Daftarkan les. Bahkan di usia yang dini ini, si Kecil bisa mendapatkan banyak manfaat dari belajar berenang, senam ataupun menari. Tetapi, jangan terlalu menyibukkan dia dengan berbagai macam les, pilihlah satu atau dua kelas saja dalam seminggu. Fokusnya adalah untuk membuat olah fisik menyenangkan baginya bukan untuk membuat dia menjadi atlit.

Banyak cara untuk mengajak balita Anda aktif dan sehat. Tapi tentunya, semua dimulai dari diri Anda sendiri. Semakin rajin Anda beraktivitas menjaga kesehatan Anda, semakin mudah juga Anda mengajarkan si Kecil untuk berolah fisik demi kesehatan dan pertumbuhannya.