Share Like
Simpan

Hai, Bu! Sedang menyiapkan kudapan untuk si Kecil, ya? Jika selama ini Ibu sering menyajikan kudapan berupa makanan beku ataupun kue-kue yang dibeli di toko, kali ini cobalah resep masakan nugget ikan yang renyah dan pasti disukai si Kecil.  

Resep masakan ini mudah dibuat dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi karena menggunakan ikan kakap yang kaya protein dan kalsium, serta memiliki kandungan vitamin A dan C.   Sebelum mencoba resep masakan ini, ayo siapkan dulu bahan berikut:

1. 300 g fillet ikan kakap

2. 1 siung bawang putih

3. 1 sdm air jeruk nipis

4. 1,5 sdt merica bubuk

5. 1,5 sdt garam

6. Minyak goreng secukupnya

7. 2 sdm tepung terigu

8. 1 butir telur, ambil putihnya

9. 150 g tepung panir

Setelah semua bahan siap, segera mulai pembuatan resep masakan ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Potong ikan kakap menjadi bentuk stick dengan ukuran sekitar 3x1x1 cm atau potong sesuai selera.

2. Parut bawang putih dan campurkan dengan air jeruk nipis, merica, serta garam kemudian masukkan ikan kakap yang telah dipotong lalu aduk sampai rata.

3. Letakkan tepung terigu di atas wadah datar, gulingkan potongan ikan kakap di atasnya hingga seluruh permukaan tertutup tepung.

4. Celupkan potongan ikan kakap dalam putih telur yang telah dikocok.

5. Baluri dengan tepung panir sambil agak ditekan.

6. Panaskan minyak goreng, masukkan potongan ikan kakap dan masak hingga berwarna coklat keemasan lalu angkat dan tiriskan.

Resep masakan ini bisa dinikmati dengan nasi hangat dan saus tomat, namun Ibu juga bisa membuat saus sendiri dengan mencampurkan 100 ml mayones dengan 1 sdm air jeruk nipis, 1,5 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam. Jika ingin rasanya sedikit pedas, bisa ditambahkan potongan cabai atau saus sambal botolan. 

Selain rasanya yang gurih, resep masakan ini juga kaya manfaat karena terbuat dari ikan kakap yang mengandung Omega 3, vitamin B6, dan B12 yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat menekan risiko serangan jantung dan stroke.  Selain itu, 218 g ikan kakap juga mengandung 6% vitamin A, 4% vitamin C, 7% kalsium, dan 2% zat besi yang semuanya baik untuk tubuh. 

Selain sempurna sebagai kudapan untuk menemani aktivitas si Kecil, hidangan ini juga bisa disantap sebagai lauk makan siang atau makan malam. Bagaimana Bu, tertarik dengan resep masakan ini? Ayo, segera beli bahan-bahannya dan masak untuk si Kecil sebagai kudapan nikmat dan bergizi.