Whatsapp Share Like
Simpan

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada si Kecil sebaiknya disesuaikan dengan tahapan perkembangan tubuhnya. MPASI umumnya diberikan saat si Kecil berusia 6 bulan hingga 2 tahun. Pemberian MPASI didasarkan pada perkembangan pencernaan si Kecil yang semakin baik di usia tersebut. Selain itu, sebagai manusia kecil yang sedang tumbuh dan berkembang, si Kecil memerlukan kecukupan zat gizi yang banyak.

Jangan sampai si Kecil kekurangan zat gizi karena efeknya sangat fatal, bahkan hingga kelak di usia dewasanya. Oleh karena itu, penting bagi Ibu memberikan MPASI yang tepat. Penuhi kebutuhan zat gizi si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya melalui makanan bergizi seimbang dan bervariasi.

Lalu, zat gizi apa saja yang harus diberikan oleh Ibu untuk mencukupi kebutuhan gizi si Kecil? Berikut merupakan komponen gizi seimbang untuk si Kecil:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat pokok yang dapat menghasilkan kalori untuk mencukupi kebutuhan energi si Kecil. Sumber pokok karbohidrat dapat ditemukan pada beras, singkong, kentang, dan ubi.

Protein Hewani

Protein hewani berperan penting bagi tubuh si Kecil untuk membangun, pembentuk sel-sel tubuh, serta sumber zat besi. Protein hewani dapat Ibu temukan di bahan makanan seperti, daging/hati ayam dan sapi, ikan, dan telur.

Artikel Sejenis

Protein Nabati

Selain protein hewani, si Kecil juga membutuhkan protein nabati yang bisa Ibu peroleh melalui bahan makanan seperti kacang-kacangan. Ibu bisa memberikan kacang merah, kacang hijau, buncis, ataupun tempe. Hindari memberikan kacang tanah sebagai bahan makanan MPASI karena berpotensi menyebabkan alergi dan memungkinkan si Kecil tersedak.

Vitamin

Vitamin sebagai zat pendukung untuk tumbuh kembang si Kecil. Vitamin, serat, dan enzim, dapat Ibu temukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan gizi si Kecil. Sayur dan buah juga mengandung sumber zat besi yang tinggi. Ibu bisa memberikan wortel, tomat, jeruk, mangga, pepaya, pisang, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengenalkan si Kecil dengan sayuran hijau seperti, brokoli, sawi, bayam, dan sebagainya.

Lemak

Ibu dapat memberikan minyak zaitun, santan, mentega atau margarin dalam campuran MPASI dengan takaran yang sesuai, setidaknya dua sendok makan. Lemak akan membantu penyerapan vitamin A, D, E, K dengan lebih cepat. Selain itu, lemak juga dapat menambah rasa gurih alami pada makanan serta membantu melancarkan pencernaan si Kecil.

Zinc

Zinc merupakan komponen zat gizi yang diperlukan si Kecil sebagai bahan bakar pembentuk sel-sel darah putih yang berguna sebagai anti body agar tubuh si Kecil kuat dalam melawan infeksi. Selain itu, zinc berfungsi untuk memastikan sel-sel tubuh tumbuh dan dapat memperbaiki diri dengan baik. Zinc umumnya terdapat pada hewan unggas seperti ayam.

Zat Besi

Zat besi sangat berperan penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah pada si Kecil. Selain itu, zat besi mampu membantu perkembangan otak dalam perkembangan keterampilan motorik dan memori si Kecil. Makanan yang mengandung banyak zat besi antara lain, daging, telur, ayam, ikan, brokoli, alpukat, dan bayam. Sesuai angka kecukupan gizi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2013, zat besi yang dibutuhkan si Kecil yaitu, pada usia 7-11 bulan si Kecil mendapatkan setidaknya 7 miligram/hari. Sedangkan usia 1-3 tahun setidaknya mendapatkan asupan zat besi 9 miligram/hari.

Kalsium

Pada tumbuh kembang fisiknya, si Kecil memerlukan zat gizi seperti kalsium untuk membantu pembentukan tulang yang kuat pada tubuh si Kecil. Untuk mendukung kerja kalsium, Ibu sebaiknya juga memberikan bahan makanan yang mengandung vitamin D untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil agar si Kecil memiliki fisik dan daya tahan tubuh yang kuat. Makanan yang dapat Ibu berikan dalam kecukupan gizi tersebut, antara lain yoghurt, kuning telur, dan ikan.

Omega 3 dan Omega 6

Kedua asam lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 sangat dibutuhkan sebagai zat gizi yang membantu perkembangan dan pertumbuhan otak si Kecil. Omega 3 dan omega 6 memerankan peran terbesar dalam perkembangan otak dan mata. Alpukat dan ikan salmon merupakan bahan makanan yang dapat Ibu berikan karena memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Ibu juga bisa memberikan minyak ikan selama masa MPASI untuk mencukupi kebutuhan gizi si Kecil dengan tidak terlalu banyak kalori.

Ibu perlu memberikan makanan yang variatif dengan kebutuhan gizi yang seimbang agar si Kecil tidak bosan dan perkembangannya tetap optimal. Perkaya vitamin yang dapat mendorong tumbuh kembang si Kecil. Pastikan untuk memberikan gizi yang seimbang untuk mendukung tumbuh kembang anak yang sempurna.