Whatsapp Share Like
Simpan

Mandi merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat tak terkecuali untuk si Kecil. Beberapa manfaat mandi di antaranya yaitu membersihkan tubuh dari kotoran, membuat badan si Kecil segar, serta mengenalkan si Kecil terhadap air sejak dini. Melakukan aneka permainan mandi tentunya dapat membuat suasana mandi menjadi lebih menyenangkan. Namun, Ibu tidak bisa sembarangan melakukan permainan mandi, lho. Berikut ini merupakan tips memilih permainan mandi untuk si Kecil. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Pilih permainan yang tidak membuat tegang

Tips pertama yaitu pilihlah permainan yang tidak membuat si Kecil tegang. Ibu sebaiknya tidak memberikan tekanan dan target apapun ketika melakukan permainan mandi bersama si Kecil. Pastikan bahwa permainan yang dipilih dapat membantu si Kecil memahami bahwa mandi merupakan aktivitas bersantai yang menyenangkan. Contoh permainan mandi yang bisa dicoba yaitu bermain busa. Ajak si Kecil meniup busa yang ada di bak mandi melalui tangannya. Permainan ini selain menyenangkan juga dapat membuat si Kecil lebih rileks selama mandi.

Gunakan mainan agar semakin seru

Selain bermain busa, Ibu juga bisa menggunakan alat bantu seperti aneka mainan. Ketika si Kecil mandi, terkadang ia bisa merasa bosan karena berada dalam bak mandi. Si Kecil merasa tidak melakukan apa-apa dalam waktu lama ketika mandi berendam. Oleh karena itu, Ibu dapat meminta si Kecil melakukan permainan mandi sendiri sesuai keinginannya. Cukup sediakan beberapa mainan yang aman jika dimasukkan ke dalam bak mandi si Kecil.

Mainan yang umumnya digunakan untuk menemani si Kecil mandi adalah bebek karet. Mengapa bebek karet? Warna kuning kontras dengan warna air sehingga mudah dilihat oleh si Kecil. Selain itu, bebek karet juga memiliki unsur edukasi mengenai hewan yang bisa berenang di permukaan air. Si Kecil pasti akan menyukai bebek karetnya selama mandi.

Bantu si Kecil merangsang imajinasinya

Tips lain dalam memilih permainan mandi untuk si Kecil yaitu pilihlah yang bisa merangsang imajinasinya. Ajak si Kecil melakukan permainan berpura-pura. Katakan pada si Kecil bahwa ia bukan sedang berada di dalam bak mandi, namun sedang berada di dalam pesawat. Mintalah si Kecil untuk mengendalikan pesawat agar tidak menabrak dan terbang secara stabil. Ibu diharapkan membantu si Kecil membangun imajinasinya dengan cara menciptakan berbagai suara yang mendukung. Imajinasi yang berkembang baik dan positif dapat membuat si Kecil lebih kreatif ketika dewasa nanti.

Artikel Sejenis

Mengajak bernyanyi bersama juga menyenangkan

Ibu dapat memilih permainan sederhana seperti mengajak si Kecil bernyanyi bersama. Permainan sederhana dapat dilakukan terutama ketika si Kecil sedang kurang fit sehingga hanya boleh mandi dalam waktu sebentar. Ajak si Kecil bernyanyi meski ia belum bisa bicara. Si Kecil yang menikmati permainan bernyanyi bersama akan menunjukkan berbagai respon. Beberapa respon yang kerap muncul apabila si Kecil belum bisa bicara adalah mengangguk-anggukan kepala atau tertawa senang karena Ibu bernyanyi. Pastikan Ibu memilih lagu anak-anak untuk dinyanyikan, ya.

Permainan yang membantu tumbuh kembangnya

Untuk si Kecil berusia 1 tahun, Ibu sebaiknya memilih permainan mandi yang dapat membantu tumbuh kembangnya. Ibu dapat mengajarkan si Kecil bermain bola plastik yang berwarna warni. Masukan bola tersebut ke dalam bak si Kecil. Kemudian, Ibu bisa memandikan si Kecil sambil menerangkan tentang warna yang berbeda pada masing-masing bola.

Agar tumbuh kembang si Kecil optimal, Ibu juga dapat menambahkan asupan susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI, lho. Kandungan di dalamnya seperti omega 3, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin akan memperkuat memori dan menjadikan di Kecil menjadi lebih pintar. Terdapat 3 varian rasa yang tentunya disukai si Kecil seperti madu, vanilla, dan coklat.

Itulah 5 tips untuk memilih permainan mandi yang bisa Ibu coba. Bagi si Kecil yang tidak suka mandi, bermain sambil mandi bisa memancing si Kecil untuk mau mandi. Selain itu, melakukan permain juga dapat membuat suasana mandi menjadi nyaman dan menyenangkan. Namun, untuk kondisi khusus misalnya si Kecil tidak tahan terkena air terlalu lama, maka Ibu sebaiknya melakukan berbagai permainan mandi dalam waktu singkat saja. Selamat mencoba, Bu!