Whatsapp Share Like
Simpan

Kondisi kulit si Kecil yang masih sensitif tentu membuat Ibu harus berhati-hati memilih pakaian yang digunakan si Kecil. Pakaian menjadi pelindung tubuh si Kecil dari luar. Salah satu perlengkapan pakaian yang dibutuhkan si Kecil adalah kaos kaki. Kaos kaki biasanya digunakan untuk tetap menjaga kehangatan si Kecil. Selain itu kaos kaki digunakan untuk tetap menjaga kaki si Kecil terlindungi dari benda kotor atau lainnya. Kebanyakan orang tua akan memakaikan kaos kaki saat berpergian atau di dalam rumah.

Kaos kaki juga salah satu kebutuhan pakaian si Kecil. Kaos kaki tidak bisa dipisahkan dari pakaian si Kecil. Namun kondisi kulit yang masih sensitif membuat Ibu khawatir tentang kaos kaki yang digunakan si Kecil. Sama halnya dengan pakaian, kaos kaki yang akan dikenakan si Kecil harus nyaman dan tidak menyebabkan kulit si Kecil iritasi. Ibu sebaiknya tidak membeli kaos kaki secara sembarangan karena akan berbahaya untuk si Kecil.

Ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan saat ingin membeli kaos kaki untuk si Kecil. Belilah kaos kaki yang tahan lama dan memiliki ukuran yang sesuai. Kaos kaki harus kuat dan tahan lama agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Ukuran kaos kakinya pun harus sesuai agar si Kecil tetap nyaman saat memakainya. Bila kaos kakinya terlalu sempit akan beresiko iritasi kulit.

Kaos kaki yang ketat akan menghambat peredaran darah ke arah telapak kaki yang bisa menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang si Kecil. Selain itu kaki si Kecil tidak akan nyaman, mudah berkeringat, dan berpotensi tumbuhnya jamur atau penyakit lainnya. Namun kaos kaki yang besar pun bisa menjadi masalah. Kaos kaki yang longgar akan mudah terbuka sehingga kaki si Kecil tidak terlindungi.

Ibu sebaiknya memperhatikan bahan pembuatan kaos kaki yang ingin dibeli. Bahan-bahan kaos kaki harus berkualitas baik seperti katun yang dipadukan dengan bahan lain seperti nilon, poliester, spandeks, dan elastane. Kaos kaki akan kuat dan tahan lama bila mengandung kapas yang banyak. Bahan kapas juga akan terasa lebih lembut dan membuat kulit si Kecil bernapas. Kaos kaki dari bahan katun kombinasi nilon dan spandeks akan lebih mudah dicuci dan tahan lama.

Artikel Sejenis

Elastisitas kaos kaki juga perlu diperhatikan bila ingin membeli kaos kaki. Bila elastisitas kaos kaki baik maka si Kecil akan lebih nyaman saat menggunakannya. Kaos kaki dengan bahan campuran katun dan nilon memiliki kemampuan peregangan dan elastis yang baik. Sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan si Kecil. Ibu mungkin bisa menarik kaos kaki untuk memastikan keelastisan kaos kaki tersebut.

Perhatikan juga keamanan dan kenyamanan si Kecil. Ketika memilih menggunakan kaos kaki faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal penting. Ibu sebaiknya pastikan kaos kaki si Kecil memberikan kehangatan yang cukup selama musim dingin. Kaos kakinya juga harus bisa melindungi kakinya baik di dalam maupun luar ruangan. Kaos kaki juga harus aman untuk melindungi si Kecil saat berjalan di permukaan yang licin. Utamakanlah kualitas kaos kaki dibanding harganya karena keselamatan si Kecil lebih utama. Bila si Kecil sering melepas kaos kakinya, Ibu bisa pakaikan kaos kaki rajutan anti selip.

Sirkulasi udara saat menggunakan kaos kaki juga perlu diperhatikan. Kaos kaki anti selip akan membuat kaki si Kecil bernapas, memberikan kenyamanan dan kehangatan maksimum ketika tidur dan bermain. Agar kaki si Kecil tetap bisa bernapas dengan baik, pilihlah kaos kaki dengan bahan kaya campuran kapas lembut. Bahan ini akan memberikan sirkulasi udara yang baik dalam kaki si Kecil. Kakinya tidak akan berkeringat dan menghasilkan jamur.

Nah, hal terakhir yang perlu Ibu lakukan adalah pilihlah kaos kaki dengan desain menarik. Ibu boleh memilih desain kaos kaki tapi tentunya masih aman dan nyaman untuk si Kecil. Kaos kaki yang dijual di pasaran biasanya tersedia dalam berbagai gaya. Untuk si Kecil yang laki-laki Ibu bisa membeli kaos kaki jenis sporty dan desain yang lebih feminim untuk perempuan. Memilih kaos kaki yang imut akan membuat si Kecil terlihat cantik dan pintar.

Beberapa tips di atas bisa Ibu coba di rumah. Hal yang paling terpenting adalah kenyamanan dan keamanan si Kecil saat menggunakan kaos kaki. Jangan sampai karena perkara model kaos kaki si Kecil menjadi terkena penyakit kulit dan lainnya. Belilah kaos kaki yang membawa pengaruh positif bagi pertumbuhannya ya, Bu.