Whatsapp Share Like
Simpan

Ketika memasuki usia 5 tahun, biasanya Ibu akan mulai memasukkan si Kecil ke taman bermain atau playgroup. Tidak lain dan tidak bukan, upaya ini dilakukan untuk menunjang kecerdasan si Kecil, baik emosional maupun intelegensinya. Memberikan pendidikan ‘formal’ untuk si Kecil memang baik, namun perlu diingat, bahwa masa ini masih merupakan masa bermain untuk si Kecil.

Rangsangan dan stimulasi pada perkembangan kemampuan otak si Kecil perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Tidak melulu mengandalkan pendidikan formal saja, Ibu bisa memberikan stimulasi pada saat kegiatan bermain di rumah. Berbagai permainan bisa diajarkan dan dimainkan bersama si Kecil ketika ia berada di rumah.

Bermain bersama orang terdekat akan memberikan si Kecil stimulasi pada kecerdasan otak, serta bisa membangun kepercayaan dirinya ketika berinteraksi dengan orang lain. Dengan bermain bersama, si Kecil akan belajar bahwa banyak hal bisa dilakukan dan akan semakin menyenangkan ketika dilakukan secara berkelompok. SI Kecil juga akan lebih mampu mengambil peran, sehingga ia tidak egois ketika bergaul dengan teman-temannya.

Untuk permainan yang bisa dilakukan sendiri, sangat disarankan untuk memberikan permainan berbentuk fisik. Artinya bukan aktivitas fisik, namun permainan langsung yang tidak menggunakan smartphone atau gadget sejenisnya. Beberapa permainan di bawah ini bisa Ibu jadikan pilihan, untuk menghabiskan waktu bersama sekaligus merangsang kecerdasan si Kecil.

Scrabble

Permainan susun kata yang satu ini terbilang mudah dimainkan. Berbagai kotak berisi huruf akan dibagikan kemudian si Kecil dan Ibu mulai bisa menyusun kata yang bisa dibentuk. Setiap kata akan memiliki skor tertentu, dan pada akhir permainan skor akan dihitung. Semakin sedikit pemain yang ikut, maka semakin banyak potongan huruf yang akan disusun.

Artikel Sejenis

Permainan ini bisa melatih si Kecil untuk mengenali kata apa yang telah mereka ketahui dengan menyusunnya pada papan yang disediakan. Selain itu, Ibu juga bisa melatih kata baru yang mungkin belum diketahui si Kecil ketika bermain Scrabble. Agar lebih menyenangkan, Ibu dan si Kecil bisa melakukan permainan ini lebih leluasa sehingga si Kecil bisa lebih menikmati permainan ini.

Kotak Rubik

Salah satu permainan yang sebenarnya cukup rumit, namun bisa melatih logika dan kecerdasan si Kecil. Kota Rubik memiliki bentuk kubus dengan enam sisi berbeda warna yang tersusun dari sembilan kota lebih kecil. Setiap sisinya bisa digerakkan sehingga teracak, kemudian harus dikembalikan lagi ke posisi semula.

Menyusun kotak Rubik pada susunannya semula, sangat melatih kesabaran dan kemampuan berpikir si Kecil. Memang sebenarnya permainan ini sedikit lebih rumit untuk anak usia lima tahun, namun tidak ada salahnya mengenalkannya terlebih dahulu. Pelajari rumus yang tersedia di berbagai sumber agar Ibu dapat memberi bimbingan pada si Kecil dalam bermain Rubik.

Catur

Permainan sarat strategi yang lebih awam dimainkan orang dewasa ini dapat mengajarkan banyak hal pada si Kecil. Setiap bidak memiliki perannya masing-masing dan pola bergerak masing-masing. Kenalkan permainan catur kepada si Kecil untuk melatih pola berpikir terstruktur, agar si Kecil dapat merencanakan dengan baik setiap yang dilakukannya.

Permintaan ini juga dilakukan secara bergantian, sehingga si Kecil juga dilatih sabar ketika bermain catur. Arahkan perlahan dan bimbing si Kecil dengan sabar. Si Kecil yang pandai bermain catur, biasanya memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik di kehidupan nyata.

Kartu UNO

Permainan ini melibatkan seperangkat kartu dengan angka dan warna yang beragam. Bisa berguna untuk mengenalkan si Kecil pada angka-angka dasar, pengambilan peran, dan giliran bermain. Setiap kartu yang dijatuhkan memiliki fungsi masing-masing yang harus ditindaklanjuti dengan kartu lain atau aksi yang sesuai.

Bermain UNO bisa jadi sangat menyenangkan ketika dimainkan beramai-ramai. Permainan ini cenderung mudah dipahami, sehingga si Kecil akan mudah menikmati permainan kartu yang satu ini. Ajak anggota keluarga lain untuk bermain bersama, untuk memberikan rangsangan maksimal pada otak si Kecil.

Permainan yang disebutkan di atas biasanya disebut dengan board game atau permainan papan. Selain menyenangkan, permainan tersebut juga berguna untuk merangsang perkembangan kecerdasan dan kemampuan berpikir si Kecil. Ibu hanya perlu mendampingi dan memberi pengertian ketika si Kecil kurang paham pada permainan yang dilakukan.

Rangsangan pada kecerdasan si Kecil bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan bermain board game. Aktivitas yang menyenangkan seperti boardgame dapat memberikan stimulus dengan jalan yang menyenangkan. Ketika suasana hati si Kecil senang, maka stimulus yang diberikan juga akan diserap lebih mudah sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Jangan lupa berikan nutrisi yang tepat untuk si Kecil seperti susu bubuk pertumbuhan FF 456 PRIMANUTRI yang mendukung si Kecil agar Pintar Kuat dan Tinggi ya, Bu.