Whatsapp Share Like
Simpan

Memiliki si Kecil pada usia 5 tahun, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keluarga kecil Ibu. si Kecil mulai aktif bergerak, menanyakan banyak hal, mencoba hal baru, berinteraksi dengan teman sebayanya, dan berbagai hal lain yang bisa dilakukan di lingkungan tempat tinggal. Tentu saja, jika Ibu merasa perlu, Ibu bisa memasukkan si Kecil ke play group supaya mendapat arahan yang lebih terstruktur.

Namun demikian pembelajaran dan tumbuh kembah kecerdasan si Kecil tidak selalu harus bertumpu pada institusi formal seperti sekolah untuk usia ini. Dengan beberapa peralatan dan media bermain sederhana, Ibu bisa merangsang perkembangan kecerdasan anak dengan permainan-permainan yang menghibur.

Tentu, permainan yang diberikan di rumah harus dibuat semenyenangkan mungkin agar si Kecil tidak bosan. Selain itu, mood bahagia dari si Kecil akan memudahkan anak untuk menyerap pengetahuan baru, bersamaan dengan pertumbuhan mental positif dari si Kecil sendiri. Berikut beberapa permainan sederhana yang dapat merangsang kecerdasan si Kecil kesayangan.

Permainan yang Merangsang Kecerdasan si Kecil

Tentu Ibu pernah mengalami ketika masa kecil Ibu, bermain dengan balok-balok yang bisa disusun satu sama lainnya. Ternyata permainan sederhana ini memiliki manfaat yang cukup signifikan pada perkembangan kecerdasan anak. Berbagai bentuk dan warna yang ada pada balok tersebut memungkinkan anak untuk melatih imajinasinya.

Secara praktis, anak akan berlatih mengenali berbagai bentuk dan warna yang ada pada balok-balok dihadapannya. Hal ini kemudian akan merangsang kreativitas si Kecil untuk mencoba membuat replika dari benda-benda yang pernah dilihat di sekitar si Kecil. Jangan lupa untuk mendampingi si Kecil Ibu dan terus memberikan motivasi agar tetap bersemangat.

Artikel Sejenis

Search and Match

Teknisnya, permainan dilakukan dengan cara mencocokan kata dan gambar yang disediakan. Gambar dan kata bisa beragam, mulai dari binatang, kendaraan, makanan, dan lain sebagainya. Untuk tahap awal, gunakan kata dan gambar pada kategori yang sama. Baru ketika buah hati Ibu sudah mulai mahir, kombinasikan kategori yang ada.

Permainan ini bisa melatih banyak hal. Selain si Kecil harus bergerak untuk menempelkan kata yang ditemukan pada papan yang disediakan, si Kecil juga akan lebih mampu mengenali huruf dan angka. Identifikasi ini penting untuk kemampuan menulis dan membacanya. Selain itu, kemampuan mengingat dan mengenali formasi huruf pada kata yang ditemukan jua menjadi latihan yang baik.

Temukan Benda Itu!

Permainan ini hampir sama dengan Search and Match, hanya saja dalam permainan ini Ibu menyediakan benda secara fisik untuk dicocokkan dengan kata yang disediakan. Ibu bisa melakukan permainan ini di dalam rumah dengan memanfaatkan benda di sekitar si Kecil, atau di halaman rumah.

Misal Ibu menunjukkan kata atau gambar bola, maka anak bertugas untuk mencari bola dan menunjukkannya pada Ibu. Permainan ini dapat mengenalkan si Kecil pada pelafalan kata atau benda yang ada di sekitarnya, sekaligus pengenalan objek. Disamping itu, Ibu juga bisa merangsang perkembangan kognitif si Kecil pada waktu yang bersamaan.

Temukan Jalan Menuju Hadiah

Pada dasarnya permainan ini menggunakan prinsip labirin. Permainan ini bisa dilakukan dengan menyediakan gambar labirin, atau jika memungkinkan, buat labirin sederhana. si Kecil akan bertugas untuk menemukan jalan yang tepat mencapai target, kemudian kembali ke pintu masuk di awal permainan.

Keuntungan dari permainan ini adalah Ibu bisa merangsang perkembangan kemampuan visual motorik,hal ini berasal dari upaya pengenalan si Kecil pada medan labirin yang ada. Kemampuan lain yang terlatih adalah kemampuan memecahkan masalah, karena si Kecil akan dituntut untuk menemukan solusi, jalan mana yang harus diambilnya.

Dampingi dengan Asupan Nutrisi yang Tepat

Permainan yang disampaikan di atas bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang dan lingkungan sekitar rumah. Rangsangan yang diberikan, bertujuan agar kecerdasan si Kecil terasah dan terbiasa untuk menghadapi berbagai persoalan sederhana. Wajarnya anak berusia lima tahun akan memiliki kemampuan penyelesaian permasalahan sederhana.

Selain dengan permainan sederhana, dukung perkembangan si Kecil dengan asupan nutrisi yang baik, kombinasi makanan yang beragam akan menjaga asupan nutrisinya tetap stabil. Pergantian menu juga bisa menjaga nafsu makan si Kecil agar tidak cepat bosan pada makanan yang itu-itu saja. Rekomendasi makanan bernutrisi bisa ditemukan pada berbagai sumber, atau bisa secara langsung meminta rekomendasi profesional dibidang ini.

Tumbuh kembang si Kecil perlu diawasi dan diperhatikan setiap saat. Selain untuk menjaga agar si Kecil bisa tumbuh kuat dan sehat, perhatian dan kasih sayang Ibu sangat penting untuk membangun kecerdasan emosional dari si Kecil secara langsung.