Whatsapp Share Like
Simpan

Memiliki buah hati yang sehat dan cerdas tentu anugrah untuk setiap Ibu. Pertumbuhan fisik yang optimal, tinggi badan dan berat badan ideal, serta kemampuannya bergerak dan beraktivitas dengan penuh semangat, menjadi hal yang wajib untuk selalu diperhatikan. Tentu, semua hal ini akan dimiliki si Kecil jika asupan nutrisinya tercukupi, serta stimulus yang diberikan dapat diserap sempurna.

Meski demikian, tidak jarang si Kecil lahir dengan tanda lahir tertentu yang ada pada bagian tubuhnya. Secara umum, sebenarnya tanda lahir, atau awam disebut birthmark, tidak berbahaya untuk si Kecil. Tanda lahir ini biasanya berupa flek yang berwarna lain dari warna kulit si Kecil, atau sel mati yang tidak memiliki signifikansi apapun.

Tanda lahir yang tidak berbahaya secara medis ini biasanya tidak akan menimbulkan masalah jika berada pada bagian tubuh si Kecil yang tertutup pakaian. Namun bagaimana halnya jika tanda lahir tersebut berada pada bagian tubuh yang terlihat, seperti bagian wajah, atau tangan, atau kaki si Kecil? Sedikit banyak tentu akan mengganggu jika tidak dihilangkan atau ditutupi.

Secara alami, tanda lahir ini sebenarnya bisa disamarkan dengan beberapa bahan tertentu. Dengan catatan, penyamaran tanda lahir ini tidak bisa sampai benar-benar hilang. Seiring berkembangnya fisik si Kecil, tanda lahir ini akan memudar karena permukaan kulit si Kecil juga akan semakin membesar. Pada beberapa kasus, ada saja tanda lahir yang tetap terlihat dengan jelas.

Cara Alami Memudarkan Tanda Lahir

Setidaknya ada dua bahan yang diketahui dapat membantu menyamarkan tanda lahir yang ada pada si Kecil. Kedua bahan tersebut adalah air perasan lemon dan minyak zaitun. Pengaplikasian kedua bahan ini juga tidak sulit.

Untuk air perasan lemon, Ibu cukup meneteskan beberapa tetes air perasan lemon pada tanda lahir si Kecil, kemudian diamkan kurang lebih 20 menit dan basuh dengan air hangat. Setelah itu, keringkan dengan handuk kering dan bersih. Lakukan proses ini sebanyak tiga kali dalam sehari secara rutin. Maka tanda lahir perlahan akan memudar

Minyak zaitun sendiri dikenal lama sebagai bahan untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bisa membantu melembutkan kulit serta membantu mengurangi kondisi kulit bertekstur kasar. Pengaplikasiannya hampir sama, dengan membubuhkan minyak zaitun pada area tempat tanda lahir si Kecil, didiamkan 20 menit, kemudian basuh dan keringkan dengan handuk bersih.

Tentu cara alami ini memakan waktu lebih lama ketimbang cara lain dengan prosedur medis tertentu. Namun demikian, karena menggunakan bahan alami, cara ini cenderung memiliki resiko lebih rendah.

Prosedur Medis

selain cara alami, Ibu juga bisa menghilangkan tanda lahir si Kecil dengan prosedur medis tertentu. Biasanya, prosedur ini melibatkan serangkaian perawatan atau operasi untuk mengangkat atau menghilangkan tanda lahir yang ada pada si Kecil.

Metode pertama adalah dengan operasi pengangkatan. Operasi ini biasanya dilakukan pada tanda lahir dengan jenis Hemangioma. Tanda lahir ini biasanya menekan organ bagian dalam dan menimbulkan ketidaknyamanan pada si Kecil. Sebelum dilaksanakan, ada serangkaian proses observasi dampak pengangkatan yang harus dilakukan pada si Kecil.

Metode kedua adalah prosedur penggunaan laser dalam mengurangi intensitas warna pada tanda lahir. Prosedur ini sendiri tidak disarankan jika tanda lahir yang ada pada si Kecil tidak berbahaya. Persiapan yang panjang sebelum prosedur ini dilakukan harus dilakukan untuk memastikan si Kecil bisa menjalani prosedur dengan laser dan harus dilakukan dengan anestesi menyeluruh.

Metode ketiga adalah dengan menggunakan bantuan Steroid.  Metode ini bisa dilakukan dengan menyuntikkan Steroid ke bagian tanda lahir si Kecil dengan tujuan untuk mengurangi kontras warna antara kulit dan tanda lahir. Metode ini biasanya dilakukan jika metode lain tidak berhasil, karena memiliki resiko tanda lahir akan kembali muncul setelah beberapa saat.

Metode keempat disebut dengan Beta-Blockers. Metode ini melibatkan beberapa obat-obatan yang dapat membantu menyamarkan tanda lahir tanpa dilakukannya operasi. Beta-Blockers sendiri akan bekerja dengan menormalkan pembuluh darah yang mengalami kelainan dan menyebabkan tanda lahir. Metode ini biasanya digunakan jika tanda lahir pada si Kecil tidak bisa dihilangkan dengan operasi pengangkatan atau laser.

Tentu, setiap metode medis yang dijelaskan di atas memiliki efek samping dan resiko, sedikit atau banyak. Pertimbangan yang matang perlu dilakukan oleh Ibu dibantu dengan dokter kepercayaan, untuk memilih metode mana yang paling tepat.

Tanda lahir sendiri bisa disikapi beragam, tergantung Ibu dan si Kecil. Bisa saja tanda lahir dianggap sebagai berkah dan menjadi ciri khas si Kecil. Namun jika memang mengganggu, cara-cara di atas bisa dikonsultasikan untuk menyamarkan atau menghilangkan tanda lahir yang ada. Dengan fisik yang sehat dan kuat, si Kecil tentu akan lebih percaya diri menjalani hari-harinya.

Selalu pastikan nutrisi si Kecil terpenuhi dengan konsumsi makanan yang bergizi. Bantu dengan memberikan Frisian Flag 456 PRIMANUTRI, sebagai asupan tambahan yang baik untuk keseimbangan nutrisi si Kecil.