Whatsapp Share Like
Simpan

Memasuki usia 3 tahun, si Kecil akan semakin responsif dan pintar dalam banyak hal. Kemampuan kebahasaannya pun ikut berkembang. Pada usia ini, si Kecil sudah bisa mengatakan tidak untuk menolak sesuatu. Namun, hal tersebut dapat berefek buruk jika si Kecil sering bilang tidak hanya karena enggan mencoba atau melakukan aktivitas belajarnya. Terus mengatakan tidak dapat membuat si Kecil menjadi egois, pemalas, serta keras kepala. Ibu perlu mengatasi perilaku si Kecil yang sering bilang tidak. Nah, untuk itu Ibu dapat mencoba 5 cara berikut ini.

  1. Ganti kalimat tanya dengan pernyataan tegas

    Dalam hal komunikasi, tentu Ibu akan bersikap lebih lembut pada si Kecil dengan cara menggunakan kalimat tanya, bukan kalimat perintah. Akan tetapi, jika si Kecil selalu mengatakan tidak maka Ibu sebaiknya menghindari kalimat tanya. Ibu dapat mulai mengubah kalimat tanya dengan pernyataan tegas sehingga membuat si Kecil paham bahwa mengatakan tidak bukanlah sebuah pilihan. Ibu misalnya biasa mengatakan, “Apakah kamu mau memberesi mainanmu yang berantakan?”. Kalimat tersebut dapat mulai diganti dengan, “Ayo mulai jadi pemenang dengan bersikap tanggung jawab. Sehabis bermain tentu harus membereskan mainan ke dalam kotaknya.”

  2. Berikan pilihan sederhana pada si Kecil

    Untuk mengurangi kata tidak keluar dari mulut si Kecil, Ibu dapat membantu dengan selalu memberikan pilihan padanya. Buat pilihan yang ditawarkan sederhana sehingga tidak membingungkan bagi si Kecil. Semakin terbatas jumlah pilihan yang ditawarkan, semakin mudah pula bagi si Kecil untuk memilih. Misalnya, Ibu ingin si Kecil makan buah. Cukup berikan dua atau tiga pilihan buah saja, namun tegaskan bahwa si Kecil harus memilih satu. Hal ini akan mencegah si Kecil yang membenci buah mengatakan tidak karena kehadiran pilihan dan sikap tegas Ibu.

  3. Usahakan tidak membuat si Kecil merasa terburu-buru

    Si Kecil membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami sesuatu. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya tidak membuat si Kecil merasa terburu-buru ketika menyuruhnya melakukan sesuatu. Apabila si Kecil merasa diburu-buru, biasanya ia cenderung akan mengatakan tidak. Hal tersebut dikarenakan si Kecil dihadirkan pada situasi yang tidak nyaman. Solusi termudah adalah beritahu si Kecil waktu yang cukup untuknya melakukan apa yang Ibu minta sehingga ia tidak merasa tertekan. Jika diperlukan, Ibu dapat memberikan sebuah perintah atau meminta bantuan sehari sebelumnya. Misalnya, “Besok adalah jadwalmu menyiram tanaman jam 4 sore. Wah pasti akan sangat menyenangkan, ya.”

  4. Buat aturan yang jelas agar si Kecil paham

    Membuat peraturan yang jelas untuk keseharian si Kecil dapat membuatnya menjadi lebih bertanggung jawab dan disiplin, lho. Pastikan pula bahwa peraturan yang dibuat Ibu selalu sederhana dan mudah dipahami oleh si Kecil. Jika Ibu telah membuat peraturan yang jelas, si Kecil tidak akan sering mengucapkan kata tidak. Misalnya, si Kecil baru boleh bermain mobil mainan hanya jika jus wortel dalam gelasnya telah dihabiskan.

    Artikel Sejenis

  5. Ubah cara bicara Ibu sehari-hari

    Sebelum melakukan berbagai tindakan dan menyalahkan si Kecil karena selalu bilang tidak, cobalah Ibu melakukan tindakan intropeksi diri. Apakah Ibu sering melarang si Kecil serta berkata tidak? Hal tersebut sangat berpengaruh karena si Kecil usia 3 tahun biasanya belajar dengan cara meniru orang-orang di sekitarnya terutama Ibu. Oleh karena itu, jika Ibu ingin si Kecil berhenti mengatakan tidak, maka Ibu pun harus mulai menghilangkan kalimat berunsur negatif.

    Ibu dapat menggunakan kalimat tanpa unsur kata tidak, jangan, atau tidak boleh. Misalnya, daripada mengatakan, “kamu tidak boleh memanjat tangga karena kalau jatuh berbahaya”, Ibu bisa mengganti dengan mengatakan “memanjat tangga memiliki risiko besar, kalau jatuh bisa bikin badan terluka, lho. Sebaiknya bermain di lantai bawah saja.” Dengan begitu, si Kecil pun akan mulai mengurangi kata tidak saat merespon omongan Ibu.

Itulah 5 cara mudah namun efektif untuk mengatasi si Kecil yang sering mengatakan tidak. Jika si Kecil cukup pintar, ia biasanya jarang menolak sesuatu dengan mengucapkan kata tidak. Si Kecil dapat memberikan alasan lebih lanjut mengapa ia enggan melakukan apa yang Ibu minta. Agar semakin pintar dengan memperkuat memori dan proses informasi di otak, Ibu dapat memberikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang mengandung omega 3, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, sphingomyelin. Terdapat 3 pilihan rasa yang disukai si Kecil seperti madu, vanila, dan coklat, lho.