Whatsapp Share Like
Simpan

Bertambahnya kemampuan si Kecil merupakan akumulasi dari usia-usia yang telah dilaluinya. Begitu pula ketika si Kecil menginjak usia 5 tahun. Kemampuan dan pengetahuan yang telah ia dapat di usia 1-4 tahun tidak akan berkurang, justru akan bertambah dan berkembang seiring dengan pengalaman-pengalaman baru yang ia dapatkan.

Salah satu perkembangan si Kecil yang biasanya tidak luput dari perhatian Ibu adalah perkembangan kemampuan kognitif si Kecil. Jika Ibu tahu, perkembangan kognitif si Kecil di usia 5 tahun ini tidak kalah penting dibandingkan perkembangan fisiknya lho. Kemampuan kognitif sendiri merupakan kemampuan yang melibatkan aktifnya susunan syaraf si Kecil yang terjadi ketika si Kecil berpikir.

Di usia 5 tahun, kemampuan kognitif si Kecil jauh lebih baik dibandingkan dengan usia sebelumnya. Si Kecil sudah mampu melakukan berbagai macam kegiatan simbolik untuk memperoleh pemahaman baru tentang benda-benda di sekitarnya. Pada fase ini, Ibu bisa melihat jika si Kecil bukan lagi bayi yang manja dan mudah rewel.

Jika Ibu memperhatikan perkembangan si Kecil, terlihat jelas bahwa si Kecil makin pintar dalam melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan otaknya. Simak pintarnya si Kecil di usia 5 tahunnya yuk:

Mampu mengungkapkan idenya sendiri

Di usia 5 tahun, si Kecil mulai banyak berinteraksi dengan teman sebayanya. Si Kecil juga mulai sering beraktivitas di luar ruangan, terlebih jika si Kecil mengikuti program taman kanak-kanak atau PAUD. Aktivitas si Kecil tersebut membuatnya memiliki banyak pengetahuan di otaknya. Tidak jarang ide-ide kreatif mulai sering bermunculan di otaknya.

Artikel Sejenis

Ibu tidak perlu heran ketika tiba-tiba si Kecil mulai mencetuskan ide-ide yang ada di kepalanya. Karena di usianya yang ke-5, si Kecil sudah mampu mengemukakan apa isi kepalanya lho Bu. Selain ide-ide kreatif, biasanya si Kecil juga aktif mengomentari banyak hal. Jadi siapkan amunisi untuk merespon ide dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ajaib si Kecil ya Bu.

Mampu bercerita

Si Kecil tiba-tiba datang menghampiri Ibu kemudian menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukannya di sekolah disertai dengan emosi karena beberapa temannya bersikap tidak baik padanya. Jangan buru-buru ikut emosi dulu ya Bu. Dengarkan cerita baik-baik si Kecil dan berikan respon yang tepat tanpa menghakimi.

Jika Ibu sering mendapat cerita dari si Kecil, Ibu patut berbahagia nih karena kemampuan kognitif si kecil meningkat dari usia sebelumnya. Si Kecil sudah mampu bercerita dengan berbagai emosi yang menyertainya. Siap-siap pasang telinga ya Bu, karena si Kecil akan semakin aktif bercerita tentang kegiatannya maupun mengulang cerita yang pernah diceritakan kepadanya.

Si Kecil paham dan mampu menyebutkan anggota tubuh

Pernahkah Ibu menyanyikan lagu dua mata saya bersama si Kecil? Jika pernah, itu menjadi langkah awal si Kecil dalam mengenali bagian-bagian tubuhnya lho. Pengetahuan lewat lagu tersebut berdampak baik bagi kemampuan kognitifnya di usia 5 tahun. Si Kecil sudah mampu menyebutkan anggota tubuh dengan baik meskipun belum sempurna dalam menyebutkan fungsi anggota tubuh.

Bisa menyebutkan nama-nama hari

Memasuki usia sekolah, si Kecil akan mulai mengenal nama-nama hari dengan baik. Ia bahkan mulai bisa mengenali hari apa saja ia masuk sekolah dan libur sekolah. Meskipun terkadang belum urut dalam menyebutkan nama-nama hari, namun Ibu patut bersenang hati ya karena kemampuan tersebut bukti bahwa kecerdasan si Kecil makin meningkat.

Gambar yang dibuat si Kecil sudah memiliki makna dan bisa dipahami

Tidak perlu marah jika mendapati si Kecil semakin aktif mencorat-coret tembok atau meja. Ibu cukup memberikan ruang dan media menggambar yang tepat bagi si Kecil. Jangan lupa sediakan alat tulis dan pewarna agar gambar si Kecil semakin menarik.

Di usianya yang ke-5, Ibu tidak lagi bingung dengan gambar yang dibuat si Kecil karena si Kecil sudah mampu membuat gambar yang memiliki makna dan mudah untuk Ibu pahami. Gambar yang dibuat si Kecil juga mulai beragam. Jika si Kecil sudah mendapatkan pelajaran menulis di sekolah, tidak jarang si Kecil menambahkan tulisan huruf-huruf meskipun masih tidak beraturan. Namun Ibu tidak perlu khawatir karena seiring perkembangannya, si Kecil akan makin mahir menggambar dan menulis.

Sebagai Ibu, tentu menginginkan si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Perlu Ibu catat, perkembangan di Kecil di usia 5 tahun saat ini menjadi salah satu faktor pendorong untuk perkembangan si Kecil di usia selanjutnya. Pastikan Ibu tidak lelah dan tetap semangat dalam mengikuti dan memberikan nutrisi yang tepat bagi si Kecil karena campur tangan dan perhatian Ibu sangat berarti untuk tumbuh kembang si Kecil.