Whatsapp Share Like
Simpan

Masa kehamilan memanglah merupakan masa yang menakjubkan bagi perempuan. Jika Ibu baru pertama kali mengalami masa kehamilan, tentunya akan ada banyak hal baru yang muncul. Salah satunya adalah Linea Nigra yang semakin terlihat jelas ketika kehamilan semakin besar. Linea Nigra adalah garis hitam yang muncul pada permukaan perut ketika hamil. Yuk, mengenal lebih jelas dan mendalam mengenai Linea Nigra melalui pembahasan berikut ini.

Apa sih itu Linea Nigra?

Istilah Linea Nigra tentu cukup asing bagi Ibu yang baru mengalami kehamilan pertamanya. Linea Nigra merupakan garis berwarna gelap (biasanya hitam atau coklat tua) yang membentang di atas perut hamil secara vertikal. Garis ini akan terlihat melewati bagian pusar sampai tulang kemaluan. Ukuran Linea Nigra biasanya sekitar 0,6 cm hingga 1,3cm. Linea Nigra umumnya mulai terjadi ketika usia kehamilan memasuki 7 bulan.

Sebenarnya, garis ini sudah ada sejak sebelum masa kehamilan. Namun, garis tersebut sebelumnya berwarna menyerupai kulit dan disebut Linea Alba. Oleh karena itu, sebelum masa kehamilan, garis tersebut jarang diperhatikan karena tidak terlihat jelas. Linea Nigra merupakan titik pertemuan jaring ikat otot perut, lho.

Apakah Linea Nigra berbahaya bagi kondisi kehamilan?

Linea Nigra yang muncul pada permukaan perut saat hamil bukanlah kondisi berbahaya. Bahkan hal tersebut sangat lumrah terjadi selama masa kehamilan. Linea Nigra tidak memberikan dampak buruk sama sekali bagi Ibu maupun janin. Hanya saja, beberapa orang mengaku merasa tidak nyaman dengan munculnya Linea Nigra karena membuat kepercayaan diri turun. Padahal, Linea Nigra tidak menjadikan Ibu menjadi buruk rupa, kok.

Penyebab munculnya Linea Nigra

Kemunculan Linea Nigra saat hamil disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Ketika usia kehamilan 7 bulan, produksi melanin dan pigmen meningkat karena banyaknya hormon yang dihasilkan tubuh. Pigmen inilah yang berperan mengubah warna kulit menjadi lebih gelap. Selain mengubah Linea Alga menjadi Linea Nigra, pigmen juga biasanya mengubah aerola atau daerah sekitar puting menjadi berwarna lebih gelap. Namun, tidak semua orang yang hamil memiliki Linea Nigra, lho. Apalagi jika kulit Ibu tergolong berwarna sangat pucat atau sangat putih.

Artikel Sejenis

Cara menghilangkan Linea Nigra

Ibu merasa tidak nyaman dengan adanya Linea Nigra? Sayangnya garis ini tidak dapat dihilangkan begitu saja terutama ketika masa kehamilan. Namun, Ibu dapat melakukan upaya agar Linea Nigra tidak semakin gelap dan jelas. Cara pertama yaitu dengan mengonsumsi folid acid yang cukup. Folid acid dapat membantu mengontrol perubahan warna pada kulit. Beberapa makanan yang mengandung folid acid yaitu asparagus, brokoli, dan alpukat.

Selain mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung folid acid, Ibu dapat melakukan hal lain. Cara kedua ini tergolong mudah dan praktis. Usahakan bagian perut terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Berikan pelembab pada bagian perut secara rutin untuk membantu menyamarkan warna gelap Linea Nigra. Seiring berjalannya waktu, Linea Nigra biasanya akan kembali memudar menjadi Linea Alga terutama jika sudah melahirkan. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir, karena dalam jangka waktu tertentu Linea Nigra akan memudar dengan sendirinya, kok.

Mitos unik mengenai Linea Nigra

Linea Nigra ternyata punya mitos unik yang menyertainya, lho. Banyak orang sempat percaya bahwa kemunculan Linea Nigra merupakan penanda jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan Ibu. Bayi nantinya akan lahir perempuan apabila Linea Nigra membentang dari tulang kemaluan hingga pusar. Sedangkan bayi akan lahir laki-laki jika Linea Nigra membentang hingga bagian bawah tulang rusuk.

Ada juga mitos lain yang mengatakan bahwa jika Ibu memiliki garis Linea Nigra yang jelas dan tegas maka bayi yang akan lahir nantinya adalah laki-laki. Sedangkan jika garis yang muncul sangat samar atau tidak ada Linea Nigra sama sekali maka nantinya yang lahir adalah perempuan. Meski hal tersebut merupakan mitos belaka, banyak orang memprediksi jenis kelamin calon bayinya menggunakan Linea Nigra, lho. Wow! Unik sekali, bukan?

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai Linea Nigra. Dengan begitu, Ibu kini telah mengenal dan memahami Linea Nigra yang muncul selama kehamilan. Selain memperhatikan fisik Ibu selama kehamilan, tentunya kesehatan janin pun harus diperhatikan. Ibu bisa mengonsumsi secara teratur susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA untuk kebaikan janin dan mama dengan rasa coklat. Dengan begitu, kebutuhan protein dan kalsium selama masa pertumbuhan janin dapat terpenuhi. Selama masa kehamilan hingga melahirkan, tentunya kesehatan Ibu dan janin merupakan hal terpenting yang harus selalu dijaga, bukan?